Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Silabus & Kisi-Kisi Osn Matematika Sma Tahun 2019 (Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional)

PANDUAN PEDOMAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA (OSK OSP OSN) TAHUN 2019

Dibawah ini yaitu silabus atau kisi-kisi osk osp osn matematika sma tahun 2019.

Seperti umumnya kompetisi matematika yang serius, Olimpiade Sains Nasional Matematika SMA/MA mengukur secara eksklusif tiga aspek berikut:
  • pemecahan problem (problem solving)
  • penalaran (rmsming)
  • komunikasi tertulis. 

Oleh alasannya yaitu itu, persiapan calon penerima OSN semestinya berorientasi kepada peningkatan kemampuan dalam ketiga aspek tersebut

Pemecahan problem dipahami sebagai pelibatan diri dalam problem tidak-rutin (nanomutine problem), yaitu problem yang metode penyelesaiannya tidak diketahui di muka. Masalah tidak-rutin menuntut anutan produktif seseorang untuk membuat (im'tnt) strategi, pendekatan dan teknik untuk memahami dan menuntaskan problem tersebut Pengetahuan dan ketrampilan saja tidak cukup. Ia harus sanggup menentukan pengetahuan dan ketrampilan mana yang relevan, meramu dan memanfaatkan hasil pilihannya itu untuk menangani problem tidak-rutin yang dihadapinya.

Boleh jadi seseorang secara intuitif sanggup menemukan penyelesaian dari problem matematika yang dihadapinya. Bagaimana dia sanggup meyakinkan dirinya (dan orang lain) bahwa penyelesaian yang ditemukannya itu memang penyelesaian yang benar? Ia harus menawarkan justifikasi (pembenaran) untuk penyelesaiannya itu. Justifikasi yang dituntut disini mestilah menurut penalanm mtenmtika yang hampir selalu berarti daypikir deduktif. Peserta OSN Matematika SMA/MA perlu menguasai teknik-teknik pembuktian menyerupai bukti eksklusif bukti dengan kontradiksi, kontraposisi, dan induksi
matematika

OSN Matematika SMA/MA berbentuk tes tertulis. Oleh alasannya yaitu itu, penerima perlu mempunyai kemampuan berkomunikasi secara tertulis. Tulisan haruslah efektif, yaitu sanggup dibaca dan dimengerti orang lain serta menyatakan dengan sempurna apa yang dipikirkan penulis.

Selain itu, OSN Matematika SMA/MA yaitu tes dengan waktu terbatas. Ini berarti bahwa penerima harus sanggup melaksanakan ketiga hal di atas secara efisien.

Sebelum seseorang diundang untuk menjadi penerima (OSN Matematika SMA/MA, dia harus melewati setidaknya dua saringan terlebih dahulu. yaitu:
  1. Seleksi tingkat kota/kabupaten, berupa tes dengan format isian singkat. Banyaknya soal yaitu 20 soal dengan bobot yang sama. Tes ini hanya menguji kemampuan pemecahan masalah.
  2. Seleksi tingkat propinsi, berupa tes dengan format isian singkat dan uraian. Ada 20 soal isian singkat dan 5 soal uraian. Setiap soal isian singkat bernilai 1 angka, sedangkan setiap soal uraian bernilai 7 angka. Ketiga kemampuan pemecahan masalah, bernalar dan berkomunikasi mulai diuji pada tingkat ini. Kemampuan pemecahan problem tetap menjadi fokus pada seleksi ini.

Download Pedoman: Silabus dan Kisi-kisi OSK OSP OSN Matematika Sekolah Menengan Atas Tahun 2019

Anda bisa mendownloadnya disini.


Sumber https://www.tomatalikuang.com/