Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Pg Beserta Jawabannya (Bagian 3)

Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Besar kemungkinan anda untuk mendapat nilai yang elok jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak berguru latihan soal-soal ini.

Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 2)

Soal-Soal PG ini dapat anda jadikan tumpuan dalam menghadapi soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.

Bab ini berisikian materi perihal "Manusia dan Sejarah"

Berikut dibawah ini ialah Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta Jawabannya (Bagian 3), dimulai dari soal nomor 21 hingga dengan soal nomor 30.

21. Dengan sejarah, kita mengenal bangsa-bangsa terdahulu, terutama segi moral politik para penguasa. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh...
A. Ir. Soekarno
B. Winston Chruchill
C. Cicero (Orator zaman romawi)
D. Ibnu Khaldun
E. Moh.Hatta
Jawabannya: D. Ibnu Khaldun

22. “Historia magistra vitae est” ialah bahasa Yunani yang artinya...
A. Sejarah ialah masa lalu
B. Sejarah ialah mata pelajaran di sekolah
C. Sejarah ialah pengalaman terbaik
D. Sejarah ialah Kisah Hidup
E. Sejarah ialah Guru Kehidupan
Jawabannya: E. Sejarah ialah Guru Kehidupan

23. “Historia magistra vitae est” ialah ungkapan yang dikemukakan oleh....
A. Ir. Soekarno
B. Winston Chruchill
C. Cicero (Orator zaman romawi)
D. Ibnu Khaldun
E. Moh.Hatta
Jawabannya: C. Cicero (Orator zaman romawi)

24. Kata indie voor indiers mempunyai arti....
A. Indonesia untuk Orang Indonesia
B. India untuk Orang India
C. Inggris untuk Orang Inggris
D. Irlandia untuk Orang Irlandia
E. Perjuangan bersenjata
Jawabannya: A. Indonesia untuk Orang Indonesia

25. Berikut ini yang bukan manfaat kehidupan masa kemudian insan untuk kehidupan masa sekarang adalah...
A. Sebagai Panduan Moral dan Politik
B. Sarana mengenal lebih akrab bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lain
C. Memperkokoh identitas bangsa
D. Melatih berpikir diakronik, sinkronik, holistik, dan multiperspektif
E. Sebagai materi renungan kesedihan atas masa jelek dimasa lalu
Jawabannya: E. Sebagai materi renungan kesedihan atas masa jelek dimasa lalu

26. Sejarah berdasarkan KBBI adalah....
A. Ilmu yang mempelajari kehidupan masa lalu
B. Peristiwa yang sudah pernah terjadi
C. Kejadian yang akan terjadi
D. Ilmu mempelajari perihal kondisi sosial masa lampau
E. Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala insiden atau insiden penting yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
Jawabannya: E. Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala insiden atau insiden penting yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

27. Unsur-unsur pokok sejarah adalah...
A. Masa Lampau, Perkembangan, dan Masa Kini
B. Sosial, Geografis, Politik
C. Ruang, Waktu, dan Manusia
D. Perang, Kehancuran, Kerajaan
E. Ruang, Gaya hidup, dan Waktu
Jawabannya: C. Ruang, Waktu, dan Manusia

28. Tujuan berpikir diakronik dalam berguru sejarah ialah untuk....
A. Mencari kebenaran suatu insiden sejarah
B. Menghindari anakronisme sejarah
C. Menyeleksi banyak sekali peristiwa
D. Membuat urutan-urutan insiden berdasarkan tahun kejadiannya
E. Mengelompokkan banyak sekali insiden sejarah
Jawabannya: D. Membuat urutan-urutan insiden berdasarkan tahun kejadiannya

29. Tujuan berpikir holistik (Menyeluruh) dalam berguru sejarah ialah untuk...
A. Mengetahui pemicu suatu insiden yang tak seharusnya terjadi
B. Melihat insiden dalam konteks yang besar dan memakai banyak sudut pandang
C. Melihat kemungkinan penyebab suatu insiden besar
D. Agar dapat mengetahui kondisi dunia pada ketika itu
E. Agar tak ada satupun insiden yang terlewatkan
Jawabannya: B. Melihat insiden dalam konteks yang besar dan memakai banyak sudut pandang

30. Pemikiran holistik terhadap Candi borubudur pertanda bahwa para pendahulu kita...
A. Memiliki tingkat kerjasama yang tinggi dengan India
B. Sebagai situs warisan sejarah UNESCO
C. Menganut pemikiran Hindu-Buddha
D. Mempunyai jiwa seni yang tinggi
E. Mempunyai peradaban yang maju
Jawabannya: E. Mempunyai peradaban yang maju 

Lanjut ke soal nomor 31 - 40 = Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 4)


Sumber http://kerjaintugasnya.blogspot.com/