Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system) ialah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk kegiatan komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak sanggup menjalankan kegiatan aplikasi pada komputer mereka, kecuali kegiatan booting.

 ialah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangka Sistem Operasi


Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis meliputi perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras menyerupai sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai mediator antara kegiatan aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dihukum pribadi oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

Contoh sistem operasi modern ialah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.


Anda mau cepat menulis artikel? Gunakan aplikasi UBAH SUARA MENJADI TULISAN. Caranya silakan KLIK DI SINI !


Biasanya, istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal. Sistem operasi ialah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melaksanakan kontrol dan administrasi perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi menyerupai program-program pengolah kata dan peramban web.

Secara umum, sistem operasi ialah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada dikala komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan sehabis sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melaksanakan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut menyerupai saluran ke disk, administrasi memori, penjadwalan kiprah schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melaksanakan tugas-tugas inti umum tersebut, sebab sanggup dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melaksanakan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu sistem operasi.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka sistem operasi ialah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem operasi melaksanakan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda sanggup berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi lainnya sanggup memakai memori, melaksanakan input dan output terhadap peralatan lain, dan mempunyai saluran kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk memakai prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain sanggup memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan kegiatan baru, tidak perlu menciptakan fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang sanggup dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.


Sebagian Sistem operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi gres mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem operasi menyerupai ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan sistem operasi lainnya sangat kecil dan dibentuk dengan perkiraan bekerja tanpa intervensi insan sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua ialah Real-Time OS, contohnya ialah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.

Layanan

Seiring dengan berkembangnya sistem operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan jaringan dan koneksi internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan kegiatan perusak yang berasal dari komputer lainnya, menyerupai virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.

Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah kegiatan aplikasi sanggup berkomunikasi dengan sistem operasi. Sebagaimana insan berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, kegiatan juga berkomunikasi dengan kegiatan lainnya melalui API.

Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah besar lengan berkuasa sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya kalau kegiatan yang dibentuk untuk windows 3.1 kalau dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara kegiatan tersebut dengan kegiatan yang lain.

Sistem operasi dikala ini

Sistem operasi utama yang dipakai komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

Sistem Microsoft Windows 
Windows Desktop Environment (versi 1.x sampai versi 3.x), 
Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan 
Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015)).

Sistem Unix yang memakai antarmuka sistem operasi POSIX, menyerupai SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.) MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

Sistem Mac OS, ialah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru ialah Mac OS X versi 10.12 (Sierra).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer memakai berbagai sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor menyerupai IBM AIX, HP/UX, dll.

Prosesor

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor ialah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi kegiatan komputer. Dalam setiap detiknya prosesor sanggup menjalankan jutaan instruksi.

Program ialah sederetan arahan yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses ialah suatu cuilan dari kegiatan yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada dikala tertentu tidak seluruh kegiatan dimuat dalam memori, tetapi hanya satu cuilan saja dari kegiatan tersebut. Sedangkan cuilan lain dari kegiatan tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada dikala diharapkan saja, cuilan dari kegiatan tersebut dimuat di memori dan dihukum oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.

Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya mempunyai satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya sanggup menjalankan satu arahan dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal sanggup menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seolah-olah prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.

Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi wacana proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas sanksi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang mengatakan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang mempunyai prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dihukum lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi sanggup saja memilih semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses mempunyai kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi sanggup juga mengubah nilai prioritas proses tertentu, semoga proses tersebut akan sanggup mempunyai kesempatan lebih besar pada sanksi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu usang menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).

Status prosesor

Jenis status yang mungkin sanggup disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi sanggup berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:

  • Ready, yaitu status di mana proses siap untuk dihukum pada giliran berikutnya
  • Running, yaitu status di mana dikala ini proses sedang dihukum oleh prosesor
  • Blocked, yaitu status di mana proses tidak sanggup dijalankan pada dikala prosesor siap/bebas
Mau tahu cara menciptakan pesan dengan TEKS MIRING, TEBAL, BERGARIS, di WhatsApp ?
Silakan KLIK DI SINI !

Fungsi OS

Sistem operasi menciptakan komputer menjadi lebih gampang dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
Sistem operasi memungkinkan sumberdaya komputer dipakai secara efisien.
Sistem operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan mendapatkan perubahan/pengembangan gres yang efektif dan efisien, sanggup melaksanakan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

Sumber https://www.soal4you.com/