Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018
Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 akan segera dilaksanakan, kisi-kisi soal UN pun telah diterbitkan oleh pemerintah dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan. Dengan membaca kisi-kisi tersebut kita sanggup memprediksi soal-soal yang kan dibentuk oleh panitia penyelenggara Ujian Nasional.
Sebelum hari "H" pelaksanaan Ujian Nasional, soal UN akan tetap dijaga kerahasiaannya, jadi tidak mungkin bila seseorang membagikan soal Ujian Nasional Tahun 2018 kepada anda. Yang mungkin oleh anda sanggup dicari di internet yaitu prediksi atau asumsi soal Ujian Nasional tahun 2018. Dan berikut ini yaitu prediksi soal Ujian Nasional 2018, menurut soal-soal UN tahun sebelumnya.
Jadi ini hanya prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018, menurut soal-soal Ujian Nasional Tahun sebelumnya:
----------------------------------------------------------------------------------------
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu: 120 menit
Bentuk Soal: Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu balasan yang tepat!
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
Inilah hasil penelitian Nielsen TV Audience Measurement pada bulan April hingga Juni 2016. Menonton televisi menjadi kegiatan terfavorit kedua sesudah berolahraga. Persentasenya 38 persen pada anak-anak dan 32 persen pada remaja. Anak-anak dan cukup umur lebih banyak menonton televisi pada tamat pekan. Anak-anak dan remaja menjadi penonton film bioskop setia. Mereka juga menyukai kegiatan-kegiatan lain, menyerupai mendengar musik dan menjelajah internet. (Republika, 6 November 2016)
1. Makna kata terfavorit pada teks tersebut adalah …
A. sering dilakukan
B. paling banyak disukai
C. banyak sekali pesertanya
D. menjadi pokok pembicaraan
2. Pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
A. Mengapa menonton dan berolahraga banyak disukai remaja?
B. Acara apa di televisi yang paling banyak ditonton remaja?
C. Kegiatan apa yang banyak dilakukan remaja di tamat pekan sesudah berolahraga?
D. Bagaimana bawah umur mengatur waktu berolahraga dengan menonton bioskop?
3. Simpulan isi dari teks tersebut yaitu …
A. Televisi menjadi satu-satunya hiburan untuk anak-anak dan remaja.
B. Orang renta harus mengawasi anak-anaknya ketika mereka menonton televisi.
C. Acara-acara di televisi sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak.
D. Anak-nak dan remaja lebih suka melakukan kegiatan yang bersifat hiburan dan permainan.
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
(1) Masa emas Pokemon Go berlalu dengan cepat. (2) Dirilis Juli lalu, ketika ini permainan game itu telah berkurang drastis. (3) Padahal, mobile game berbasis augmented reality itu sempat mencatat lima rekor dunia. (4) Sampai-sampai para pejabat negara pun ikut berkomentar.
(1) Permainan Pokemon Go resmi dirilis pada 6 Juli. (2) Dimulai dari Australia, Selandia Baru, kemudian AS dan Kanada. (3) Sejak saat itu, permainan tersebut berturut-turut meluas ke negara lain. (4) Termasuk Indonesia, yang kebagian jadwal rilis 6 Agustus. (Jawa Pos, 6 November 2016)
4. Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah …
A. rekor game Pokemon Go
B. kejayaan game Pokemon Go
C. kepopuleran Pokemon Go mulai surut
D. Pokemon Go permainan berbasis realita
5. Kalimat utama paragraf kedua ditandai nomor …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
6. Bacalah teks berikut!
(1) Minat baca masyarakat Indonesia, terutama anak-anak dan generasi muda, masih sangat rendah. (2) Hal ini diperparah dengan perkembangan pesat teknologi yang menjadi faktor penghambat menumbuhkan minat baca bagi anak-anak. (3) Fenomena itu membuat Lukman Sardi, aktor, prihatin (4) Dia berkomitmen menumbuhkan minat baca. (5) Melalui gerakan sosial Pengetahuan Itu Kekuatan, beliau aktif menumbuhkan minat baca, mulai anak-anaknya sendiri hingga generasi muda. (Koran Sindo, 10 November 2016)
Ringkasan teks tersebut yaitu …
A. Perbedaan tingkat kecemasan seseorang disebabkan perbedaan daya konsentrasi.
B. Cara mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata.
C. Berbicaradidepanumummenyebabkecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata.
D. Setiap orang pernah mengalami kecemasan, ternyata berwisata sanggup menghilangkan kecemasan tersebut
7. Bacalah teks berikut!
Semua orang memiliki rasa gelisah atau cemas dengan tingkat berbeda-beda. Ada yang hanya sedikit cemas hingga cemas yang terlalu. Cara terbaik untuk menjelaskannya dengan membayangkan rasa takut ketika berbicara di depan umum. Kita harus berbicara secara terbuka di depan kerumunan besar dan sangat penting.
Ada sejumlah alasan mengapa wisata bisa menenangkan kecemasan. Saat berwisata, seseorang dituntut fokus pada kegiatan bersenang-senang. Dengan fokus pada satu hal yang menyenangkan, seseorang akan sanggup melupakan kecemasannya. Itulah sebabnya berwisata sanggup membantu hilangkan kecemasan.
(Koran Sindo, 11 November 2016)
Ringkasan teks tersebut yaitu …
A. Perbedaan tingkat kecemasan seseorang disebabkan perbedaan daya konsentrasi.
B. Cara mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata.
C. Berbicara di depan umum menyebab kecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata.
D. Setiap orang pernah mengalami kecemasan, ternyata berwisata sanggup menghilangkan kecemasan tersebut.
8. Bacalah kedua teks laporan berikut!
Teks 1
Salah satu wisata alam di Kabupaten Bangka Tengah adalah Hutan Palawan. Letaknya di Desa Namang di daratan Pulau Bangka. Luasnya sekitar 300 hektare. Hutan berstatus hutan keanekaragaman hayati. Komposisinya 47 hektare dijadikan taman wisata dan sisanya hutan susila (Republika, 6 November 2016)
Teks 2
Hadir semenjak 1887, Stasiun Kemayoran terus tumbuh. Sejalan dengan masa jaya pariwisata di daratan Jawa. Stasiun ini menjadi pintu gerbang dari Batavia ke sejumlah destinasi wisata. Sampai mendekati ujung era ke-19, sekarang stasiun itu tidak lagi berjaya. Banyak kisah tersimpan di Stasiun Kemayoran ini. (Jawa Pos, 6
November 20160
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….
Teks 1 Teks 2
A. teknik klarifikasi teknik penceritaan
B. urutan waktu urutan ruang
C. umum - khusus khusus – umum
D. alasannya yaitu - akhir akibat - sebab
9. Bacalah teks berikut!
(1) Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan kisah dan selipan makna. (2) Buku Pacar Seorang Seniman ini diterbitkan Bentang Pustaka, tahun 2015. (3) Buku setebal 183 halaman ini merupakan kumpulan cerpen. (4) Naskah dalam buku ini hadir dengan penuh keautentikan, penyunting dan penerbit tidak pernah sekali pun berani mengutak-atik kalimat-kalimat bentukan Rendra. (5) Di beberapa kalimat memang tampak kalimat tidak efektif.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat …
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d. 13!
(1) Tangan mungil Ranu menyambut pahaku, begitu aku membuka pintu. Segera saja kuangkat badan bocah lelaki lima tahun itu. Tubuh mungilnya segera terbenam dalam dekapanku.
(2) Ranu yaitu anak pertamaku. Sebetulnya saya dan istriku, Mayang sudah kepingin lagi mempunyai anak kedua, tetapi Tuhan belum mempercayai kami.
(3) ”Ranu, jangan ganggu ayah, ayah capek!” Suara Mayang tak menghentikan tawa Ranu. Aku segera membopong bocah yang rambutnya seperti rambut jagung itu ke dalam kamar. Selanjutnya, bunyi Sunbulat lebih terdengar menyerupai air kran.
(4) ”Tadi Ranu mencar ilmu apa di sekolah, Nak?” Tahun ini adalah tahun pertama Ranu kumasukkan sekolah TK, gres sebulan, tetapi beliau sudah sudah tidak mau dinantikan ibunya.
(5) ”Tadi Ranu disuruh kisah wacana ayah. Semua sahabat Ranu juga.”
(6) ”Oya? Terus Ranu kisah apa, sayang?”
(7) ”Ranu cerita, ayah suka ajak Ranu jalan-jalan, sama Bunda juga. Ayah kalau malam tidak mau gosok gigi, kalau pagi suka ajak Ranu pergi buru-buru ke sekolah. Terus…Ranu juga cerita kalau ayah Ranu itu paling hebaaatttt!” (Ayah, Justto Lasoo)
10. Makna kata menyambut pada teks kisah tersebut adalah …
A. mengajak
B. memohon
C. mendekap
D. mempersilakan
11. Watak tokoh Ranu yaitu …
A. rajin dan manja
B. manja dan apatis
C. polos dan cekatan
D. lugu dan pemberani
12. Bagian perkenalan pada teks kisah tersebut ditandai nomor …
A. (2)
B. (4)
C. (5)
D. (6)
13. Latar pada teks tersebut yaitu …
A. rumah, sore hari
B. kantor, siang hari
C. sekolah, pagi hari
D. kamar tidur, pagi hari
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17!
Ade Syaputra tertunduk lesu. Kertas pengumuman di tangan digenggamnya kuat-kuat. Kini harapan menjadi seorang arsitek lenyap terbawa angin Agustus. Padahal beliau sudah membayangkan membangun jembatan layang dari Cipayung - Munjul dengan tiga tiang saja.
“Sudahlah, De. Kamu masih sanggup masuk universitas swasta dengan jurusan itu,” kata Oky. Oky, Ade, dan Masani tiga sekawan yang sudah akrab semenjak SMP. Ade memang terobsesi sekali membangun jembatan dengan sedikit tiang. Sedang Oky yang hobi baris-berbaris bercita-cita menjadi perwira angkatan darat. Masani yang agak unik, bagi beliau tidak perlu cita-cita. Kaprikornus apa pun yang penting bahagia. Kalau perlu jadi tukang nasi uduk di pinggir jalan pun tidak masalah.
Mereka berasal dari keluarga yang berlatar belakang ekonomi berbeda. Masani anak pengusaha sukses orang terkaya di Gang Mandor Hasan. Tidak sombong apalagi angkuh. Sedangkan Ade Saputra anak semata wayang ibunya pengusaha catering, bapaknya bos bajaj. Oky, anak koordinator parkir di Pasar Induk, ibunya supir busway. Walaupun beliau jarang bertemu ibu bapaknya, dia anak yang baik.
14. Makna simbol semata wayang pada teks tersebut adalah …
A. anak kesayangan
B. anak satu-satunya
C. anak yang penurut
D. anak pria satu-satunya
15. Nilai moral yang terdapat pada teks tersebut adalah …
A. Saling menyemangati jika ada teman bermasalah.
B. Setiap orang harus mempunyai cita-cita setinggi-tingginya.
C. Memanfaatkan kekayaan orang renta untuk berfoya-foya.
D. Apa pun pekerjaan orang tua harus dihargai dan disyukuri.
16. Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut yaitu …
A. Ketiga sahabat mempunyai impian yang berbeda-beda.
B. Ade Syaputra tidak diterima di suatu universitas negeri.
C. Malas mencar ilmu sehingga masuk ke perguruan tinggi swasta.
D. Gagal masuk ke perguruan tinggi tinggi yang diidolakannnya.
17. Akibat konflik pada teks tersebut yaitu …
A. Ade Syaputra sempat prustasi awalnya.
B. Oky dan Masani berusaha membujuk Ade Syaputra
C. Jembatan yang dicita-citakannya tidak terwujud.
D. Ade Syaputra beralih impian menjadi seorang tentatara.
Bacalah kedua teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!
Teks 1
Salju mulai turun. Asger tak sabar ingin keluar. Haldor, saudaranya, masih tidur. Namun, ibu melarangnya. “Musim gugur baru berlalu. Saljunya masih tipis, “ ucap Ibu. Asger tinggal di Kutub Utara. Hampir sepanjang tahun hamparan salju menutupi tanah. Bunga saxifrage ungu dan tanaman bearberry tertutup salju. Haldor memutar kepalanya dengan tenang. Ia pelan-pelan mengangkat hidungnya dan menghirup hawa di sekitarnya. “Belum tercium apa-apa,” ujar Asger kecewa. Mereka menunggu di dekat sebuah lubang napas yang ada di lapian salju tebal. (Bobo, 20 Oktober 2016)
Teks 2
Semangat Runi makin bertambah mendengar pujian Datuk. Ia melanjutkan lagi memahat batu itu. Setelah beberapa pukulan, watu itu masih belum berwujud. Akhirnya, ia kelelahan. Ia pun menyusul Datuk yang masih asyik mengamati arca-arca yang ada di taman. Kali ini ia dapat menikmati keindahan arca-arca watu itu. Ia juga berubah menjadi pengagum gesekan pada batu menyerupai Datuk. Suatu hari Datuk berjalan-jalan ke
museum. Ia meminta keluarga Pak Heru untuk menemaninya. Saying, saat itu Pak Heru tidak dapat mengantarkan karena mobilnya rusak. Sementara Pak Heru dan Bu Dani ke bengkel, Rudi
dan Runi menemani Datuk berjalan-jalan di museum. (Bobo, 20 Oktober 2016)
18. Perbedaan pola pengembangan kedua teks tersebut yaitu …
Teks 1 Teks 2
A. diawali perkenalan diawali konflik
B. diawali pemunculan masalah diawali perkenalan
C. diawali perkenalan diawali penyelesaian
D. diawali konflik diawali penurunan masalah
19. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut yaitu …
A Teks 1: tidak menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya,
sedangkan Teks 2: menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya
B Teks 1: banyak menggunakan kalimat perbandingan,
sedangkan Teks 2: Banyak menggunakan kalimat pertentangan
C Teks 1: kalimatnya panjang-panjang dan kompleks, sedangkan Teks 2: kalimatnya pendek dan sederhana
D Teks 1: menggunakan kata-kata asing, sedangkan Teks 2: menggunakan kata ragam lisan
Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 20 s.d. 22!
Berhari-hari setelahnya, aku terus bertanya pada ibu, apakah saya punya ayah. Tapi, ibu tak pernah menjawabnya. Saat itu aku memang tak pernah melihat atau bertemu dengan seseorang yang sanggup aku
panggil ayah. Setahuku, saya hanya punya kakek, nenek, Pakde Bowo, Budhe dan Mas Anung. Iya, hanya itu, tidak ada ayah di antara mereka. Ibu gres memberi tahu aku, wacana ayah, saat saya naik ke kelas dua SD. Sore itu, di musim hujan, dengan sepiring singkong goreng dan segelas besar teh manis, aku duduk berdua dan memang menyerupai itu selalunya, hanya kami berdua – dengan ibu di teras rumah. Sesekali
tempias hujan mengenai mukaku. (Ayah, Justto Lasso)
20. Komentar terhadap Isi kisah tersebut yaitu …
A. Seorang ayah harus bertanggung jawab kepada keluarga.
B. Seorang ibu memang harus bijak untuk menyampaikan sesuatu kepada anaknya.
C. Seorang anak tidak pernah bertemu dengan ayahnya lantaran kesibukan masing-masing.
D. Kakek, nenek, dan abang jangan memberi keterangan yang membingungkan adiknya.
21. Komentar terhadap pola pengembangan cerita tersebut yaitu …
A. Pertanyaan anak kepada ibu merupakan pemunculan masalah.
B. Setelah anak mengetahui keberadaan ayahnya ini cara penyelesaian kisah ini.
C. Jawaban yang harus diberikan kepada keluarga sebagai konflik dalam kisah ini.
D. Perkenalan baru dimunculkan pada paragraf kedua, yaitu memperkenalkan tokoh-tokohnya.
22. Komentar terhadap penggunaan bahasa pada cerita tersebut yaitu …
A. Ceritanya disampaikan dengan menggunakan kalimat-kalimat langsung.
B. Kata-kata yang digunakan dipengaruhi kosa kata pergaulan bawah umur remaja.
C. Bahasa yang digunakan banyak menyelipkan kata-kata dari bahasa daerah.
D. Bahasa sederhana mudah dipahami karena tidak memakai kata-kata asing.
23. Perhatikan teks rumpang berikut!
Batik memang sering membuat orang kesengsem. Begitu juga dengan Hon Stephany Uy Tan, Wali Kota Catbalogan, Filipina yang mengunjungi Kabupaten Trenggalek. Wali kota perempuan tersebut bahkan […] mencar ilmu membatik.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. serius
B. tekun
C. antusias
D. emosional
24. Perhatikan teks rumpang berikut!
Permainan bebentengan: Bagi pemain dalam dua kelompok, setiap kelompok bertugas mempertahankan bentengnya dari sentuhan pemain lawan. Pemain yang keluar dari bentengnya akan ditangkap oleh pemain lawan, jikalau tertangkap pemain tersebut ditahan di benteng lawannya.
Cara bermainnya: salah seorang keluar dari bentengnya untuk penyentuh benteng lawan, [ … ], pemain lain mengejar pemain yang mengejar kawannya, begitu seterusnya sampai benteng tidak ada penunggu lantaran pemainnya tertangkap semua.
Kalimat petunjuk yang tepat untuk melengkapi teks tersebut yaitu …
A. Pemain musuh membiarkannya lawan sampai di bentengnya.
B. Pemain dari benteng lain mengejar untuk menangkapkannya.
C. Pemain musuh mengejar beramai-ramai dan meninggalkan bentengnya.
D. Pemain yang lain mengikuti dari belakang dan meninggalkan bentengnya.
25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Padahal bila anemia sanggup ditanggulangi, segala gejala itu sanggup hilang.
(2) Pasalnya tanda-tanda anemia: capek, pusing,dan lesu seringkali dianggap akhir kelelahan.
(3) Anemia yaitu suatu kondisi di mana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari 12-15,5 g/dL.
(4) Pada jadinya produktivitas meningkat.
(5) Banyak masyarakat yang tidak menyadari dirinya kena anemia.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang tepat dengan urutan …
A. (1), (4), (3), (5), (2)
B. (2), (1), (4), (3), (5)
C. (3), (5), (2), (1), (4)
D. (5), (3), (4), (2), (1)
26. Petunjuk membuat perangkat hama tanaman bawang pada malam hari
(1) Nyalakan lampu ketika hari sudah gelap.
(2) Pasang lampu 8 – 10 watt di kebun bawang setiap jarak 10 meter.
(3) Bersihkan pagi harinya dengan menggunakan sarung tangan.
(4) Letakkan nampan/wadah yang sudah dibasahi insektisida di bawah lampu.
(5) Secara naluri hama akan berkerumun di tempat terang.
Urutan yang tepat petunjuk tersebut yaitu …
A. (1), (2), (4), (3), (5)
B. (2), (4), (1), (5), (3)
C. (4), (1), (5), (3), (2)
D. (5), (3), (2), (1), (4)
27. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Oksigen diharapkan oleh […] tubuh seperti otot dan otak untuk melakukan fungsinya.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu …
A. organ
B. bagian
C. anggota
D. jaringan
28. Perhatikan teks rumpang berikut!
Waktu mendongeng dengan cara membacakan dongeng bagi anak sangat penting. Pakar parenting menyarankan para orang tua untuk menimbulkan story time sebagai prioritas. [....] Pengaruh itu bukan saja pada pendidikan, tetapi juga pada sikap dan kondisi emosionalnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut yaitu …
A. Pengaruh dongeng yang didengarkan anak belum diteliti kebenarannya.
B. Siapkan waktu beberapa ketika untuk mempengaruhi anak dengan dongeng.
C. Setiap hari orang renta akan memperdengarkan dongeng kepada anaknya sebelum tidur.
D. Luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berbagi cerita, ini memberi imbas yang berarti.
29. Perhatikan data buku berikut!
No Data Uraian
1 Judul Membangkitkan Harga Diri Anak
2 Penulis Harris Clemes, Ph.D.
3 Kelemahan Uraian berputar-putar, ukuran huruf terlalu kecil
4 Keunggulan Mengemukakan persoalan seputar anak secara mendalam
Teks yang tepat sesuai dengan data buku tersebut adalah …
A. Buku yang ditulis oleh seorang doktor pendidikan sekaligus pemerhati anak ini, sudah banyak dibaca orang. Buku yang mengemukakan trik-trik membangkitkan harga diri anak ditulis dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Namun, tetap membahas masalah anak secara mendalam.
B. Buku Membangkitkan Harga Diri Anak wajib dibaca oleh orang renta dan guru. Pada buku ini dibahas cara-cara membangkitkan harga diri seorang anak. Persoalan anak dikemukakan dengan mendalam dari banyak sekali sisi. Seandaianya uraian tidak terlalu menyebar dan tulisan diperbesar buku sangat menarik.
C. Harris Clemes seorang pemerhati perkembangan anak menulis buku Membangkitkan Harga Diri Anak dengan baik. Uraian cukup mendalam dengan contoh-contoh kasus yang terjadi pada anak. Ditulis di atas kertas yang berkualitas tinggi membuat buku ini cukup tepat sebagai sebuah bacaan keluarga.
D. Setiap orang renta dan guru jikalau boleh menyarankan wajib membaca buku ini. Buku yang menjelaskan dunia anak ditulis dengan bahasa yang runtut dan komunikatif. Jenis huruf dan tulisannya pun cukup membantu para pembacanya. Apalagi uraan di dalamnya juga disertai dengan studi kasus yang dialami anak-anak.
30. Perhatikan data hasil pengamatan berikut!
Perkembangan Jumlah Rekening
Dan Nilai Tabungan (Agustus 2016)
Tahun Rekening (juta) Nilai Tabungan (Rp triliun)
2012 119,9 3.277,1
2013 147,6 3.706,6
2014 160,8 4.165,3
2015 175,5 4.473,7
2016 187,2 4.678,3
Sumber: Media Indonesia, 1 November 2016
Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah …
A. Perkembangan tabungan sampai bulan Agustus 2016 cukup signifikan. Nilai tabungan tertinggi terjadi pada tahun 2013 dengan jumlah Rp 3.706,6 triliun. Jumlah nilai tabungan terus bertambah setiap bulan Agustus.
B. Jumlah penabung setiap tahunnya terus bertambah. Pada tahun 2012 jumlah penabung tercatat Rpn119,9 juta rekening. Tahun 2016 bertambah menjadi Rpn187,2 juta dengan nilai tabungan sebesar Rpn4.678,3 triliun.
C. Jumlah rekening baru setiap tahunnya terus bertambah. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2016 tercatat Rpn187,2 juta rekening. Pada tahun 2015 nilai tabungan mencapai Rpn4.473,7 juta. Ini berbeda dengan tahun 2014.
D. Antusias masyarakat untuk menabung terus meningkat. Hal ini terlihat pada data tersebut sejak tahun 2012 hingga dengan 2016 mencapai 187,2 juta rekening. Hal ini berbalik dengan jumlah nilai tabungannya yang terus menurun.
31. Perhatikan kalimat berikut!
Di Indonesia, jaket bomber telah usang menjadi gaya berdandan, terutama bagi warga sipil yang menyukai dunia militer.
Kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah
A. sipil
B. gaya
C. dunia
D. berdandan
32. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Dengan berbagai teknologi, keinginan punya hidung mancung bukan lagi mimpi.
(2) Sebaiknya bila makan daging dibarengi dengan minum air putih.
(3) Bahan kuliner nabati dengan mengandung zat besi bahkan penyerapannya rendah , yaitu sayuran hijau.
(4) Ayah harus mengambil kiprah dalam pengasuhan anak semoga tumbuh kembang anak menjadi optimal.
Kalimat yang tidak efektif yaitu …
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
33. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Candi Kedulan berada di bawah tanah sedalam delapan meter. (2) Kesan pertama ketika melihat candi ini menyerupai dibangun di dalam sebuah kolam. (3) Kolam yang digunakan untuk memelihara ikan bandeng. (4) Candi Kedulan tertimbun pasir lava Gunung Merapi selama berabad-abad. (5) Candi ini ditemukan oleh
penambang pasir tahun 1993.
Kalimat yang tidak padu yaitu …
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
34. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Seorang [ … ] tinju sedang kebingungan mencari lawan tanding untuk petinjunya.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu …
A. kurator
B. promotor
C. negosiator
D. provokator
35. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Wangi dupa di depan candi utama menyebar […] senja yang mulai beranjak gelap.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu …
A. diiringi
B. seiring
C. beriringan
D. mengiringi
36. Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Pernikahannya dihadiri [ … ], bahkan ada yang harus berjalan miring ketika melewati pintu.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu …
A. orang-orang besar
B. orang besar-besar
C. orang besar-besaran
D. orang besar-orang besar
37. Perhatikan kalimat berikut!
Keadaan Kota Yogyakarta yang berada di bawah sana terlihat sangat indah.
Perbaikan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut yaitu …
A. indah diganti takjub
B. sangat diganti sekali
C. berada diganti nampak
D. keadaan diganti pemandangan
38. Perhatikan kalimat berikut!
Anak sudah kecerdasan sanggup terlihat ketika anak masih bayi
Perbaikan kalimat tersebut yaitu …
A. Kecerdasan anak sudah sanggup terlihat semenjak anak masih bayi.
B. Anak cerdas sudah bisa kecerdasannya ketika masih bayi.
C. Ketika masih bayi anak dengan kecerdasan bisa sudah terlihat.
D. Kecerdasan anak bayi sudah terlihat ketika masih anak-anak.
39. Perhatikan paragraf tidak padu berikut!
Seorang ahli saraf, Andrey Ryabinin, meneliti tentang tikus yang sanggup “ketularan” mencicipi sakit. Seseorang meneliti dua kelompok tikus. Kelompok pertama yaitu tikus yang dibiarkan berkeliaran di genangan alkohol. Kelompok kedua yaitu tikus yang hanya minum air putih. Tikus-tikus ini diuji rasa sakit dengan cara menyikat tapak kakinya.
Perbaikan paragraf tersebut yaitu …
A. kalimat ketiga dihilangkan
B. kata seseorang diganti dia/Ryabinin
C. kata kelompok pada kalimat keempat diganti tikus
D. kata tikus-tikus pada kalimat terakhir diganti mereka
40. Perhatikan kalimat berikut!
Perlombaan Film Etnografi ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi semua jenis film, mulai dari film dokumenter, film seni, hingga film cerita.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut yaitu …
A. Kata menyediakan penggunaannya seharusnya setelah kata Etnografi.
B. Kata bagi tidak tepat karena sudah ada kata untuk pada kalimat tersebut.
C. Kata wadah hanya digunakan untuk tempat sesuatu yang berbentuk benda.
D. Kata perlombaan digunakan untuk pencarian juara dalam bidang olahraga atau permainan.
41. Perhatikan kalimat tidak efektif berikut!
Sejak masih kecil sudah diperkenalkan dengan kucing oleh keluarganya.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut yaitu …
A. Susunannya tidak teratur.
B. Pelaku/subjek kalimat tersebut tidak jelas.
C. Perbuatan/predikatnya tidak diikuti objek.
D. Keterangan waktu diletakkan pada awal kalimat.
42. Perhatikan paragraf tidak padu berikut!
(1) Kurangnya asupan zat besi disebabkan kurangnya makanan yang mengandung zat besi. (2) Hal ini lantaran kurangnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi. (3) Umumnya orang lebih suka makanan siap saji. (4) Sumber kuliner yang kaya sumber zat besi berasal dari hewani. (5) Contoh sumber kuliner hewani yang kaya zat besi di antaranya hati, daging sapi, daging kambing, unggas, dan ikan.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut yaitu …
A. Contoh pada kalimat (5) tidak sesuai.
B. Kalimat (2) kata rujukannya tidak jelas.
C. Isi kalimat (3) menyimpang dari pembicaraan.
D. Pokok yang dibicarakan pada kalimat (1) tidak fokus.
43. Perhatikan kalimat berikut!
Di Jalan Diponegoro, tepatnya di depan Bappenas, para Lurah sedang berorasi.
Kata dengan ejaan yang tidak tepat pada kalimat tersebut yaitu …
A. Jalan
B. Lurah
C. berorasi
D. Bappenas
44. Perhatikan tanda baca pada kalimat berikut!
“Nak, tolong ibu belikan: garam, cabe, dan kecap,” kata ibu kepada Aisah.
Tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …
A. titik dua (:)
B. tanda kutip dua (“…”)
C. koma (,) sesudah kata Nak
D. koma (,) sesudah kata kecap
45. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Keberadaan Jembatan Akar tidak sekadar jembatan, melainkan penyambung kehidupan.
(2) Gesekan antara air dan watu pun menciptakan bunyi yang sahdu.
(3) Jembatan Akar merupakan salah satu lokasi wisata yang direkomendasikan.
(4) Di sebrang desa permukiman, terdapat ladang bercocok tanam masyarakat Suku Badui.
(5) Setelah puas berfoto, Rian dan dua temannya turun ke sungai, lepas pakaian, kemudian byuuuuur!
Kalimat yang terdapat kata berejaan tidak tepat adalah …
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (5)
46. Perhatikan kalimat eksklusif berikut!
Beri saya kesempatan sekali lagi Pak kata Refi suaranya lirih nyaris tak terdengar.
Penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat yaitu …
A. “Beri saya kesempatan sekali lagi, Pak.” kata Refi, suaranya lirih nyaris tak terdengar.
B. “Beri saya kesempatan sekali lagi, Pak?” kata Refi suaranya lirih nyaris tak terdengar.
C. “Beri, saya kesempatan sekali lagi, Pak!” kata Refi suaranya lirih, nyaris tak terdengar.
D. “Beri saya kesempatan sekali lagi, Pak,” kata Refi suaranya lirih, nyaris tak terdengar.
47. Perhatikan kalimat berikut!
Populasi harimau sumatera terancam punah lantaran pemburuan liar.
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A. Populasi harimau sumatera terancam punah karena perburuan liar.
B. Populasi harimau Sumatera terancam punah karena pemburuan liar.
C. Populasi Harimau Sumatera terancam punah karena pemburuan liar.
D. Populasi harimau Sumatra terancam funah karena perburuan liar.
48. Perhatikan kesalahan tanda baca pada kalimat berikut!
Wah: bukan main hebatnya pemain sirkus itu.
Perbaikan tanda baca pada kalimat tersebut adalah
A. Wah bukan main hebatnya, pemain sirkus itu.
B. Wah, bukan main hebatnya pemain sirkus itu.
C. Wah, bukan main hebatnya pemain sirkus itu?
D. Wah… bukan main hebatnya pemain sirkus itu!
49. Perhatikan kalimat berikut!
Mereka menyanyikan beberapa lagu Daerah, diantaranya Manuk Dadali dari Jawa Barat.
Alasan ketidaktepatan ejaan pada kalimat tersebut
adalah …
A. Judul lagu tidak ditulis dengan aksara kapital.
B. Kata tempat tidak menunjukkan unsur diri geografi.
C. Lagu tempat memberikan khas tertentu ditulis dengan aksara kapital.
D. Jawa Barat tidak memberikan tempat tertentu seharusnya ditulis dengan aksara kecil.
50. Perhatikan ketidkatepatan tanda baca pada kalimat berikut!
Biasanya, bawah umur Badui memainkan: kolecer bersama-sama.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yaitu …
A. Titik (.) tidak digunakan pada kalimat berita.
B. Tanda hubung (-) tidak digunakan pada kata ulang murni.
C. Titik dua (:) dipakai pada pernyataan yang diikuti pemerian.
D. Koma (,) tidak dipakai dibelakang ungkapan penghubung antarkalimat.
Demikian prediksi untuk soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018 yang diambil dari soal ujian nasional sebelumnya. Selamat mencar ilmu dan semoga bermanfaat.
Sumber https://www.soal4you.com/
Demikian prediksi untuk soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018 yang diambil dari soal ujian nasional sebelumnya. Selamat mencar ilmu dan semoga bermanfaat.