Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018

Perkiraan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun  Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2018

Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 akan segera dilaksanakan, kisi-kisi soal UN pun telah diterbitkan oleh pemerintah dalam hal ini oleh Kementerian Pendidikan. Dengan membaca kisi-kisi tersebut kita sanggup memprediksi soal-soal yang kan dibentuk oleh panitia penyelenggara Ujian Nasional.

Sebelum hari "H" pelaksanaan Ujian Nasional, soal UN akan tetap dijaga kerahasiaannya, jadi tidak mungkin bila seseorang membagikan soal Ujian Nasional Tahun 2018 kepada anda. Yang mungkin oleh anda sanggup dicari di internet yaitu prediksi atau asumsi soal Ujian Nasional tahun 2018. Dan berikut ini yaitu prediksi soal Ujian Nasional 2018, menurut soal-soal UN tahun sebelumnya.

Jadi ini hanya prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018, menurut soal-soal Ujian Nasional Tahun sebelumnya: 
----------------------------------------------------------------------------------------
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu: 120 menit
Bentuk Soal: Pilihan Ganda

Pilihlah salah satu balasan yang tepat!

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 1 s.d. 3! 
Inilah  hasil  penelitian  Nielsen TV Audience   Measurement pada  bulan  April hingga Juni 2016. Menonton televisi menjadi kegiatan terfavorit kedua sesudah berolahraga. Persentasenya  38 persen  pada  anak-anak  dan 32 persen pada remaja. Anak-anak dan cukup umur lebih banyak menonton televisi pada tamat pekan. Anak-anak dan remaja menjadi penonton  film bioskop setia. Mereka juga menyukai kegiatan-kegiatan lain, menyerupai mendengar musik dan menjelajah internet. (Republika, 6 November 2016) 

1.  Makna  kata   terfavorit     pada   teks   tersebut adalah … 
A.  sering  dilakukan 
B.  paling banyak disukai 
C.  banyak sekali pesertanya 
D.  menjadi pokok pembicaraan 

2. Pertanyaan   yang  sesuai  dengan  teks  tersebut adalah … 
A. Mengapa  menonton dan berolahraga banyak disukai remaja? 
B.  Acara  apa   di  televisi  yang   paling   banyak ditonton remaja? 
C.  Kegiatan apa yang banyak dilakukan remaja di tamat pekan sesudah berolahraga? 
D.  Bagaimana     bawah umur     mengatur    waktu berolahraga dengan menonton bioskop? 

3.  Simpulan isi dari teks tersebut yaitu … 
A. Televisi  menjadi  satu-satunya hiburan  untuk anak-anak dan remaja. 
B.  Orang   renta   harus   mengawasi   anak-anaknya ketika mereka menonton televisi. 
C.  Acara-acara  di  televisi  sangat   berpengaruh pada pembentukan karakter anak. 
D.  Anak-nak dan  remaja   lebih suka melakukan kegiatan yang bersifat hiburan dan permainan. 

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 4 dan 5! 
(1) Masa  emas   Pokemon   Go berlalu dengan  cepat.  (2) Dirilis Juli lalu, ketika ini permainan game itu telah berkurang drastis. (3) Padahal,  mobile game  berbasis  augmented  reality itu  sempat mencatat lima rekor dunia. (4) Sampai-sampai para pejabat negara pun ikut berkomentar. 

(1) Permainan Pokemon Go resmi  dirilis pada  6 Juli. (2) Dimulai dari Australia, Selandia  Baru, kemudian AS dan Kanada. (3) Sejak saat itu, permainan tersebut berturut-turut meluas ke negara lain. (4) Termasuk Indonesia, yang kebagian  jadwal  rilis 6 Agustus. (Jawa Pos, 6 November 2016) 

4. Ide   pokok   paragraf   pertama    teks   tersebut adalah … 
A.  rekor game Pokemon Go 
B.  kejayaan game Pokemon Go 
C.  kepopuleran Pokemon Go mulai surut 
D.  Pokemon Go permainan  berbasis realita

5. Kalimat utama paragraf kedua ditandai nomor … 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 

6.    Bacalah teks berikut! 
(1) Minat baca masyarakat Indonesia, terutama  anak-anak dan generasi muda, masih sangat rendah. (2) Hal ini diperparah dengan perkembangan pesat teknologi yang menjadi faktor penghambat menumbuhkan  minat baca bagi  anak-anak.  (3) Fenomena itu membuat Lukman Sardi, aktor, prihatin (4)  Dia  berkomitmen menumbuhkan  minat baca(5) Melalui gerakan sosial Pengetahuan Itu Kekuatan, beliau aktif menumbuhkan minat baca, mulai anak-anaknya sendiri hingga generasi muda. (Koran Sindo, 10 November 2016) 
Ringkasan teks tersebut yaitu …
A. Perbedaan tingkat kecemasan seseorang disebabkan perbedaan daya konsentrasi.
B. Cara mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata.
C. Berbicaradidepanumummenyebabkecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata.
D. Setiap orang pernah mengalami kecemasan, ternyata berwisata sanggup menghilangkan kecemasan tersebut

7.    Bacalah teks berikut! 
Semua  orang  memiliki rasa  gelisah  atau  cemas dengan tingkat berbeda-beda.  Ada  yang hanya sedikit cemas hingga cemas yang terlalu. Cara terbaik untuk menjelaskannya dengan membayangkan rasa takut ketika berbicara di depan umum. Kita harus berbicara secara terbuka di depan kerumunan besar dan sangat penting. 

Ada sejumlah  alasan  mengapa   wisata  bisa  menenangkan kecemasan.  Saat berwisata,  seseorang  dituntut fokus pada kegiatan bersenang-senang.  Dengan fokus pada satu hal yang menyenangkan, seseorang akan sanggup melupakan kecemasannya. Itulah sebabnya berwisata sanggup membantu hilangkan kecemasan. 
(Koran Sindo, 11 November 2016) 
Ringkasan teks tersebut yaitu … 
A. Perbedaan   tingkat    kecemasan     seseorang disebabkan  perbedaan daya konsentrasi. 
B. Cara mengatasi kecemasan berbicara di depan umum dengan mengajak akseptor berwisata. 
C. Berbicara di depan umum menyebab kecemasan maka kurangi dengan membicarakan wisata. 
D. Setiap orang   pernah  mengalami  kecemasan, ternyata berwisata sanggup menghilangkan kecemasan tersebut. 

8.    Bacalah kedua teks laporan berikut! 
Teks 1 
Salah satu  wisata  alam  di Kabupaten Bangka Tengah adalah Hutan  Palawan.  Letaknya di  Desa  Namang  di daratan   Pulau Bangka.  Luasnya sekitar  300  hektare.  Hutan  berstatus  hutan keanekaragaman hayati. Komposisinya 47 hektare dijadikan taman wisata dan sisanya hutan susila (Republika, 6 November 2016) 
Teks 2 
Hadir semenjak 1887,  Stasiun  Kemayoran terus tumbuh.  Sejalan dengan masa jaya pariwisata di daratan Jawa. Stasiun ini menjadi pintu gerbang dari Batavia ke sejumlah destinasi wisata. Sampai mendekati  ujung era ke-19, sekarang stasiun itu tidak lagi berjaya. Banyak kisah tersimpan  di Stasiun Kemayoran ini. (Jawa Pos, 6 
November 20160 
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ….

Teks 1                            Teks 2 
A. teknik klarifikasi      teknik penceritaan 
B. urutan waktu             urutan ruang 
C. umum - khusus          khusus – umum 
D. alasannya yaitu - akhir            akibat - sebab 

9.    Bacalah teks berikut! 
(1) Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan kisah dan selipan  makna.  (2) Buku Pacar Seorang Seniman  ini diterbitkan Bentang Pustaka, tahun   2015.  (3) Buku  setebal  183 halaman ini  merupakan   kumpulan   cerpen.  (4) Naskah  dalam  buku ini hadir dengan  penuh  keautentikan,  penyunting dan  penerbit tidak pernah sekali pun berani mengutak-atik kalimat-kalimat bentukan  Rendra. (5) Di beberapa  kalimat  memang  tampak kalimat tidak efektif. 

Pernyataan  yang  menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat … 
A. (1) 
B. (3) 
C. (4) 
D. (5) 

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 10 s.d. 13! 
(1) Tangan  mungil  Ranu  menyambut  pahaku,  begitu  aku membuka pintu. Segera saja kuangkat badan bocah lelaki lima tahun itu. Tubuh mungilnya segera terbenam dalam dekapanku. 
(2) Ranu yaitu anak pertamaku.  Sebetulnya saya dan istriku, Mayang sudah kepingin lagi mempunyai anak kedua, tetapi Tuhan belum mempercayai kami. 
(3) ”Ranu, jangan  ganggu  ayah, ayah capek!” Suara Mayang tak menghentikan tawa Ranu. Aku segera membopong bocah yang rambutnya  seperti rambut  jagung  itu ke dalam kamar. Selanjutnya, bunyi Sunbulat lebih terdengar menyerupai air kran. 
(4) ”Tadi Ranu mencar ilmu apa di sekolah, Nak?” Tahun ini adalah tahun  pertama Ranu kumasukkan  sekolah TK, gres  sebulan, tetapi beliau sudah sudah tidak mau dinantikan ibunya. 
(5) ”Tadi Ranu disuruh kisah wacana ayah. Semua sahabat Ranu juga.” 
(6) ”Oya? Terus Ranu kisah apa, sayang?” 
(7) ”Ranu cerita, ayah suka ajak Ranu jalan-jalan, sama Bunda juga.  Ayah kalau malam tidak mau gosok gigi, kalau pagi suka ajak Ranu pergi buru-buru ke sekolah. Terus…Ranu juga cerita kalau ayah Ranu itu paling hebaaatttt!” (Ayah, Justto Lasoo)
10.  Makna kata menyambut  pada teks kisah tersebut adalah … 
A. mengajak 
B. memohon 
C. mendekap 
D. mempersilakan

11.  Watak tokoh Ranu yaitu … 
A. rajin dan manja 
B. manja dan apatis 
C. polos dan cekatan 
D. lugu dan pemberani

12.  Bagian  perkenalan   pada   teks   kisah   tersebut ditandai nomor … 
A. (2) 
B. (4) 
C. (5) 
D. (6) 

13.  Latar pada teks tersebut yaitu … 
A. rumah, sore hari 
B. kantor, siang hari 
C. sekolah, pagi hari 
D. kamar tidur, pagi hari 

Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 14 s.d. 17! 
Ade Syaputra tertunduk lesu. Kertas pengumuman  di tangan digenggamnya kuat-kuat. Kini harapan menjadi seorang arsitek lenyap terbawa angin Agustus. Padahal beliau sudah membayangkan membangun  jembatan layang dari Cipayung - Munjul dengan tiga tiang saja. 
“Sudahlah,  De. Kamu masih sanggup masuk universitas swasta dengan jurusan itu,” kata Oky. Oky, Ade, dan Masani  tiga  sekawan yang sudah akrab semenjak SMP.  Ade memang terobsesi sekali membangun jembatan dengan sedikit tiang. Sedang Oky yang hobi baris-berbaris bercita-cita menjadi perwira angkatan darat. Masani yang agak unik, bagi beliau tidak perlu cita-cita. Kaprikornus apa pun yang penting bahagia. Kalau perlu jadi tukang nasi uduk  di pinggir jalan pun tidak masalah. 
Mereka berasal dari keluarga yang berlatar belakang ekonomi berbeda. Masani anak pengusaha  sukses orang terkaya di Gang Mandor  Hasan.  Tidak sombong  apalagi  angkuh.  Sedangkan Ade Saputra anak semata wayang ibunya pengusaha catering, bapaknya  bos bajaj.  Oky, anak koordinator parkir di Pasar Induk, ibunya supir busway. Walaupun beliau jarang bertemu ibu bapaknya, dia anak yang baik. 

14.  Makna simbol semata wayang  pada teks tersebut adalah … 
A. anak kesayangan 
B. anak satu-satunya 
C. anak yang penurut 
D. anak pria satu-satunya 

15.  Nilai moral  yang  terdapat  pada   teks  tersebut adalah … 
A.  Saling    menyemangati    jika    ada     teman bermasalah. 
B.  Setiap    orang    harus    mempunyai    cita-cita setinggi-tingginya. 
C.  Memanfaatkan   kekayaan   orang   renta   untuk berfoya-foya. 
D.  Apa pun  pekerjaan  orang  tua  harus  dihargai dan disyukuri. 

16.  Sebab terjadinya konflik pada teks tersebut yaitu … 
A.  Ketiga sahabat mempunyai impian yang berbeda-beda. 
B.  Ade Syaputra tidak diterima di suatu universitas negeri. 
C.  Malas mencar ilmu  sehingga  masuk  ke perguruan tinggi swasta. 
D.  Gagal   masuk   ke   perguruan tinggi   tinggi    yang diidolakannnya. 

17.  Akibat konflik pada teks tersebut yaitu … 
A. Ade Syaputra sempat prustasi awalnya. 
B. Oky  dan   Masani  berusaha   membujuk   Ade Syaputra 
C. Jembatan     yang     dicita-citakannya  tidak terwujud. 
D. Ade Syaputra beralih impian menjadi seorang tentatara. 

Bacalah kedua teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19! 
Teks 1 
Salju mulai turun. Asger tak sabar ingin keluar. Haldor, saudaranya, masih tidur. Namun, ibu melarangnya. “Musim gugur baru berlalu. Saljunya masih tipis, “ ucap Ibu. Asger tinggal di Kutub Utara. Hampir sepanjang tahun hamparan salju menutupi  tanah. Bunga      saxifrage ungu dan tanaman bearberry tertutup salju. Haldor memutar kepalanya dengan tenang.  Ia  pelan-pelan mengangkat hidungnya dan menghirup hawa di sekitarnya. “Belum  tercium apa-apa,” ujar Asger kecewa. Mereka menunggu di  dekat sebuah lubang napas yang ada di lapian salju tebal. (Bobo, 20 Oktober 2016) 

Teks 2 
Semangat  Runi makin bertambah mendengar pujian Datuk.  Ia melanjutkan lagi    memahat    batu itu. Setelah beberapa pukulan, watu itu masih belum berwujud. Akhirnya, ia kelelahan. Ia   pun   menyusul Datuk  yang masih asyik     mengamati arca-arca yang ada di taman. Kali ini ia dapat menikmati keindahan arca-arca   watu itu.  Ia juga  berubah menjadi pengagum gesekan pada batu menyerupai Datuk. Suatu hari Datuk berjalan-jalan ke 
museum.  Ia meminta keluarga Pak Heru untuk menemaninya. Saying, saat itu Pak Heru tidak dapat mengantarkan karena    mobilnya rusak. Sementara  Pak Heru    dan    Bu   Dani ke      bengkel,      Rudi 
dan Runi menemani Datuk berjalan-jalan  di museum.  (Bobo, 20 Oktober 2016) 

18.  Perbedaan   pola   pengembangan   kedua    teks tersebut yaitu …
Teks 1                                             Teks 2 
A. diawali  perkenalan                    diawali konflik 
B. diawali pemunculan masalah     diawali perkenalan 
C. diawali perkenalan                     diawali penyelesaian 
D. diawali konflik                           diawali penurunan masalah 

19.  Perbedaan   penggunaan   bahasa    kedua    teks tersebut yaitu … 
Teks 1: tidak menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya, 
sedangkan Teks 2: menggunakan kata ganti untuk menyebutkan tokoh utamanya 
Teks 1: banyak menggunakan kalimat perbandingan, 
sedangkan Teks 2:  Banyak menggunakan kalimat pertentangan 
Teks 1: kalimatnya panjang-panjang dan kompleks, sedangkan Teks 2: kalimatnya pendek dan sederhana 
Teks 1: menggunakan kata-kata asing, sedangkan Teks 2: menggunakan kata ragam lisan 
  
Bacalah teks berikut, kemudian  kerjakan soal nomor 20 s.d. 22! 
Berhari-hari setelahnya,  aku terus  bertanya pada  ibu, apakah saya punya ayah. Tapi, ibu tak pernah menjawabnya. Saat  itu  aku  memang tak  pernah   melihat atau bertemu dengan seseorang  yang sanggup aku 
panggil ayah. Setahuku, saya hanya punya kakek, nenek, Pakde Bowo, Budhe dan Mas Anung. Iya, hanya itu, tidak ada ayah di antara mereka. Ibu gres  memberi  tahu  aku, wacana ayah, saat saya naik ke kelas dua SD. Sore itu, di musim hujan,  dengan sepiring  singkong  goreng  dan segelas  besar  teh  manis,  aku  duduk berdua dan memang menyerupai itu selalunya, hanya kami berdua  – dengan ibu di teras  rumah.  Sesekali 
tempias hujan mengenai mukaku. (Ayah, Justto Lasso) 

20.  Komentar terhadap Isi kisah tersebut yaitu … 
A.  Seorang    ayah   harus    bertanggung   jawab kepada keluarga. 
B.  Seorang   ibu   memang   harus   bijak   untuk menyampaikan sesuatu kepada anaknya. 
C.  Seorang  anak  tidak pernah  bertemu dengan ayahnya lantaran kesibukan masing-masing. 
D.  Kakek,   nenek,   dan   abang  jangan   memberi keterangan yang membingungkan adiknya. 

21.  Komentar  terhadap pola  pengembangan cerita tersebut yaitu … 
A.  Pertanyaan    anak   kepada    ibu   merupakan pemunculan masalah. 
B.  Setelah anak mengetahui keberadaan ayahnya ini cara penyelesaian kisah ini. 
C.  Jawaban yang harus diberikan kepada keluarga sebagai konflik dalam kisah ini. 
D.  Perkenalan  baru  dimunculkan  pada  paragraf kedua, yaitu memperkenalkan tokoh-tokohnya. 

22.  Komentar  terhadap  penggunaan  bahasa   pada cerita tersebut yaitu … 
A. Ceritanya disampaikan dengan menggunakan kalimat-kalimat langsung. 
B.  Kata-kata  yang  digunakan   dipengaruhi  kosa kata pergaulan bawah umur remaja. 
C. Bahasa yang  digunakan  banyak  menyelipkan kata-kata dari bahasa daerah. 
D.  Bahasa  sederhana  mudah   dipahami   karena tidak memakai kata-kata asing. 

23.  Perhatikan teks rumpang berikut! 
Batik memang  sering membuat  orang kesengsem.  Begitu juga dengan  Hon Stephany Uy Tan, Wali  Kota Catbalogan, Filipina yang mengunjungi Kabupaten Trenggalek. Wali kota perempuan tersebut bahkan […] mencar ilmu membatik. 
Kata yang tepat  untuk melengkapi   teks tersebut adalah … 
A. serius 
B. tekun 
C. antusias 
D. emosional 

24.  Perhatikan teks rumpang berikut! 
Permainan    bebentengan:       Bagi   pemain dalam  dua  kelompok,  setiap  kelompok bertugas mempertahankan bentengnya    dari sentuhan pemain  lawan.  Pemain  yang  keluar dari bentengnya akan ditangkap  oleh  pemain lawan, jikalau tertangkap pemain tersebut ditahan di benteng lawannya. 
Cara bermainnya:  salah seorang  keluar dari bentengnya untuk  penyentuh benteng lawan, [ … ], pemain  lain mengejar  pemain  yang mengejar  kawannya, begitu  seterusnya  sampai benteng tidak ada penunggu lantaran pemainnya tertangkap semua. 

Kalimat  petunjuk  yang  tepat  untuk  melengkapi teks tersebut yaitu … 
A.  Pemain musuh  membiarkannya lawan sampai di bentengnya. 
B.  Pemain   dari  benteng  lain  mengejar   untuk menangkapkannya. 
C.  Pemain  musuh  mengejar  beramai-ramai  dan meninggalkan bentengnya. 
D.  Pemain yang lain mengikuti dari belakang dan meninggalkan bentengnya. 

25.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 
(1) Padahal bila anemia sanggup ditanggulangi, segala gejala itu sanggup hilang. 
(2) Pasalnya tanda-tanda anemia: capek, pusing,dan lesu seringkali dianggap akhir kelelahan. 
(3) Anemia yaitu  suatu  kondisi di mana  kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari 12-15,5 g/dL. 
(4) Pada jadinya produktivitas meningkat. 
(5) Banyak  masyarakat   yang   tidak   menyadari dirinya kena anemia. 

Kalimat-kalimat  tersebut akan  menjadi  laporan yang tepat dengan urutan … 
A.  (1), (4), (3), (5), (2) 
B.  (2), (1), (4), (3), (5) 
C.  (3), (5), (2), (1), (4) 
D.  (5), (3), (4), (2), (1)

26.  Petunjuk membuat  perangkat  hama tanaman bawang pada malam hari 
(1) Nyalakan lampu ketika hari sudah gelap. 
(2) Pasang  lampu  8 – 10 watt  di kebun  bawang setiap jarak 10 meter. 
(3) Bersihkan pagi harinya dengan menggunakan sarung tangan. 
(4) Letakkan nampan/wadah yang sudah dibasahi insektisida di bawah lampu. 
(5) Secara naluri hama akan berkerumun di tempat terang. 

Urutan yang tepat petunjuk tersebut yaitu … 
A.  (1), (2), (4), (3), (5) 
B.  (2), (4), (1), (5), (3) 
C.  (4), (1), (5), (3), (2) 
D.  (5), (3), (2), (1), (4) 

27.  Perhatikan kalimat rumpang berikut! 
Oksigen diharapkan  oleh […]  tubuh  seperti otot dan otak untuk melakukan fungsinya. 
Kata   yang   tepat    untuk   melengkapi    kalimat tersebut yaitu … 
A.  organ 
B.  bagian 
C.  anggota 
D.  jaringan 

28.  Perhatikan  teks rumpang berikut! 
Waktu mendongeng  dengan cara membacakan dongeng bagi anak sangat penting. Pakar parenting menyarankan para orang tua untuk menimbulkan  story time sebagai prioritas. [....] Pengaruh itu bukan saja pada pendidikan, tetapi juga pada sikap dan kondisi emosionalnya. 

Kalimat   yang   tepat    untuk    melengkapi    teks tersebut yaitu … 
A. Pengaruh   dongeng yang  didengarkan  anak belum diteliti kebenarannya. 
B. Siapkan    waktu    beberapa   ketika    untuk mempengaruhi anak dengan dongeng. 
C. Setiap hari orang renta akan memperdengarkan dongeng kepada anaknya sebelum tidur. 
D. Luangkan waktu  10 menit  setiap  hari untuk berbagi   cerita,  ini  memberi   imbas yang berarti. 

29.  Perhatikan data buku berikut! 
No    Data                    Uraian 
1      Judul                    Membangkitkan Harga Diri Anak 
2      Penulis                 Harris Clemes, Ph.D. 
3      Kelemahan          Uraian berputar-putar, ukuran  huruf  terlalu kecil 
4      Keunggulan         Mengemukakan persoalan seputar anak secara mendalam 

Teks yang tepat sesuai dengan data buku tersebut adalah … 
A. Buku  yang ditulis oleh seorang doktor pendidikan sekaligus pemerhati anak ini,  sudah  banyak dibaca orang. Buku yang mengemukakan  trik-trik  membangkitkan harga  diri anak ditulis dengan menggunakan bahasa  yang    sederhana.     Namun,    tetap membahas masalah anak secara mendalam. 

B. Buku Membangkitkan  Harga Diri  Anak  wajib dibaca oleh orang renta dan guru. Pada buku ini dibahas cara-cara  membangkitkan harga  diri seorang anak. Persoalan anak dikemukakan dengan mendalam      dari     banyak sekali      sisi. Seandaianya uraian tidak terlalu menyebar dan tulisan diperbesar buku sangat menarik. 

C. Harris Clemes seorang pemerhati perkembangan anak menulis buku Membangkitkan  Harga Diri Anak dengan baik. Uraian cukup mendalam  dengan contoh-contoh kasus yang terjadi pada anak. Ditulis di atas kertas yang berkualitas tinggi membuat buku ini cukup tepat sebagai sebuah bacaan keluarga. 

D. Setiap orang renta dan guru jikalau boleh menyarankan  wajib membaca buku ini. Buku yang  menjelaskan dunia  anak ditulis dengan bahasa   yang  runtut   dan  komunikatif.  Jenis huruf  dan  tulisannya  pun  cukup membantu para pembacanya. Apalagi uraan di dalamnya juga disertai dengan studi kasus yang dialami anak-anak. 

30.  Perhatikan data hasil pengamatan berikut! 
Perkembangan Jumlah Rekening 
Dan Nilai Tabungan (Agustus 2016) 
  
Tahun      Rekening (juta)       Nilai Tabungan (Rp triliun) 
2012         119,9                             3.277,1 
2013         147,6                             3.706,6 
2014         160,8                             4.165,3 
2015         175,5                             4.473,7 
2016         187,2                             4.678,3 
Sumber: Media Indonesia, 1 November 2016 

Teks laporan  yang  sesuai  dengan data  tersebut adalah  … 
A. Perkembangan    tabungan    sampai     bulan Agustus 2016 cukup signifikan. Nilai tabungan tertinggi   terjadi   pada   tahun   2013  dengan jumlah Rp 3.706,6 triliun. Jumlah nilai tabungan terus bertambah setiap bulan Agustus. 

B. Jumlah  penabung setiap  tahunnya  terus bertambah. Pada tahun 2012 jumlah penabung tercatat  Rpn119,9 juta rekening. Tahun 2016 bertambah menjadi Rpn187,2 juta dengan nilai tabungan sebesar Rpn4.678,3 triliun.

C. Jumlah  rekening  baru  setiap  tahunnya terus bertambah. Sejak tahun  2012  hingga  tahun 2016  tercatat   Rpn187,2  juta   rekening.  Pada tahun 2015 nilai tabungan mencapai Rpn4.473,7 juta. Ini berbeda dengan tahun 2014.

D. Antusias masyarakat  untuk menabung terus meningkat. Hal ini terlihat  pada  data  tersebut sejak tahun 2012 hingga dengan 2016 mencapai 187,2  juta  rekening.  Hal ini berbalik  dengan jumlah nilai tabungannya yang terus menurun. 

31.  Perhatikan kalimat berikut! 
Di Indonesia, jaket bomber telah usang menjadi gaya berdandan, terutama bagi warga sipil yang menyukai dunia militer. 

Kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah 
A.  sipil 
B.  gaya 
C.  dunia 
D.  berdandan 

32.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 
(1) Dengan  berbagai  teknologi, keinginan  punya hidung mancung  bukan lagi mimpi. 
(2) Sebaiknya bila makan daging dibarengi dengan minum air putih. 
(3) Bahan kuliner nabati  dengan mengandung zat besi  bahkan penyerapannya rendah , yaitu sayuran hijau. 
(4) Ayah harus mengambil kiprah dalam pengasuhan anak semoga tumbuh kembang  anak menjadi optimal. 

Kalimat yang tidak efektif yaitu … 
A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 

33.  Perhatikan paragraf berikut! 
(1) Candi Kedulan berada di bawah tanah sedalam delapan meter. (2) Kesan pertama  ketika melihat candi ini menyerupai dibangun di dalam sebuah kolam. (3) Kolam yang digunakan untuk memelihara ikan bandeng. (4) Candi Kedulan  tertimbun  pasir lava Gunung Merapi  selama  berabad-abad.   (5) Candi ini  ditemukan   oleh 
penambang pasir tahun 1993. 

Kalimat yang tidak padu yaitu … 
A. (2) 
B. (3) 
C. (4) 
D. (5) 

34.  Perhatikan kalimat rumpang berikut! 
Seorang  [  … ]  tinju  sedang  kebingungan  mencari  lawan tanding untuk petinjunya. 
Istilah  yang   tepat   untuk   melengkapi   kalimat tersebut yaitu … 
A.  kurator 
B.  promotor 
C.  negosiator 
D.  provokator 

35.  Perhatikan kalimat rumpang berikut!  
Wangi dupa di depan candi utama menyebar […]  senja yang mulai beranjak gelap. 

Kata berimbuhan yang   tepat  untuk  melengkapi kalimat tersebut yaitu … 
A.  diiringi 
B.  seiring 
C.  beriringan 
D.  mengiringi 

36.  Perhatikan kalimat rumpang berikut! 
Pernikahannya dihadiri [ … ], bahkan ada yang harus berjalan miring ketika melewati pintu. 
Kata ulang yang tepat  untuk melengkapi  kalimat tersebut yaitu … 
A.  orang-orang besar 
B.  orang besar-besar 
C.  orang besar-besaran 
D.  orang besar-orang besar 

37.  Perhatikan kalimat berikut! 
Keadaan Kota Yogyakarta yang berada di bawah sana terlihat sangat indah. 
Perbaikan  kata  yang  tidak  tepat   pada   kalimat tersebut yaitu … 
A.  indah diganti takjub 
B.  sangat diganti sekali 
C.  berada diganti nampak 
D.  keadaan diganti pemandangan 

38.  Perhatikan kalimat berikut! 
Anak sudah kecerdasan sanggup terlihat ketika anak masih bayi 
Perbaikan kalimat tersebut yaitu … 
A. Kecerdasan anak sudah sanggup terlihat semenjak anak masih bayi. 
B.  Anak cerdas sudah  bisa kecerdasannya ketika masih bayi. 
C. Ketika masih bayi anak dengan kecerdasan bisa sudah terlihat. 
D.  Kecerdasan  anak  bayi  sudah   terlihat  ketika masih anak-anak. 

39.  Perhatikan  paragraf tidak padu berikut! 
Seorang  ahli  saraf,  Andrey Ryabinin, meneliti  tentang   tikus yang sanggup “ketularan” mencicipi sakit. Seseorang meneliti dua kelompok tikus. Kelompok pertama yaitu tikus yang dibiarkan berkeliaran di genangan  alkohol. Kelompok kedua yaitu tikus yang hanya  minum  air putih. Tikus-tikus ini diuji rasa  sakit dengan cara menyikat tapak kakinya. 

Perbaikan paragraf tersebut yaitu … 
A.  kalimat ketiga dihilangkan 
B.  kata seseorang diganti  dia/Ryabinin 
C.  kata kelompok pada  kalimat keempat diganti tikus 
D.  kata  tikus-tikus pada  kalimat  terakhir  diganti mereka

40.  Perhatikan kalimat berikut! 
Perlombaan   Film Etnografi ini bertujuan  untuk  menyediakan wadah bagi semua jenis film, mulai dari film dokumenter, film seni, hingga film cerita. 
Alasan  ketidaktepatan  penggunaan  kata  pada kalimat tersebut yaitu … 
A.  Kata menyediakan penggunaannya seharusnya setelah kata Etnografi. 
B.  Kata  bagi tidak tepat  karena  sudah  ada  kata untuk pada kalimat tersebut. 
C.  Kata  wadah  hanya  digunakan  untuk  tempat sesuatu yang berbentuk benda. 
D.  Kata  perlombaan  digunakan  untuk  pencarian juara dalam bidang olahraga atau permainan. 

41.  Perhatikan kalimat tidak efektif berikut! 
Sejak masih kecil sudah diperkenalkan dengan  kucing oleh keluarganya. 
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut yaitu … 
A.  Susunannya tidak teratur. 
B.  Pelaku/subjek kalimat tersebut tidak jelas. 
C.  Perbuatan/predikatnya tidak diikuti objek. 
D.  Keterangan waktu diletakkan pada awal kalimat. 

42.  Perhatikan paragraf tidak padu berikut! 
(1) Kurangnya asupan zat besi  disebabkan kurangnya makanan yang mengandung zat besi.  (2) Hal ini lantaran kurangnya konsumsi makanan  kaya sumber zat besi.  (3) Umumnya orang lebih suka makanan siap saji. (4) Sumber kuliner yang kaya sumber zat besi berasal dari hewani.  (5) Contoh sumber kuliner hewani yang kaya zat besi di antaranya  hati, daging sapi, daging kambing, unggas, dan ikan.

Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut yaitu … 
A.  Contoh pada kalimat (5) tidak sesuai. 
B.  Kalimat (2) kata rujukannya tidak jelas. 
C.  Isi kalimat (3) menyimpang dari pembicaraan. 
D.  Pokok yang dibicarakan pada kalimat (1) tidak fokus. 

43.  Perhatikan kalimat berikut! 

Di Jalan  Diponegoro, tepatnya   di depan Bappenas, para Lurah sedang berorasi. 
Kata dengan ejaan yang tidak tepat  pada kalimat tersebut yaitu … 
A.  Jalan 
B.  Lurah 
C.  berorasi 
D.  Bappenas 

44.  Perhatikan tanda baca pada kalimat berikut! 
“Nak, tolong  ibu  belikan: garam,  cabe,  dan  kecap,” kata  ibu kepada Aisah. 
Tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah … 
A.  titik dua (:) 
B.  tanda kutip dua (“…”) 
C.  koma (,) sesudah kata Nak 
D.  koma (,) sesudah kata kecap 

45.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut! 
(1) Keberadaan   Jembatan  Akar  tidak   sekadar jembatan, melainkan penyambung kehidupan. 
(2) Gesekan antara air dan watu pun menciptakan bunyi  yang sahdu. 
(3) Jembatan Akar merupakan   salah  satu  lokasi wisata yang direkomendasikan. 
(4) Di sebrang  desa permukiman, terdapat ladang bercocok tanam masyarakat Suku Badui. 
(5) Setelah puas berfoto, Rian dan dua temannya turun ke sungai, lepas pakaian, kemudian byuuuuur! 

Kalimat yang terdapat kata berejaan  tidak tepat adalah … 
A.  (1) dan (3) 
B.  (1) dan (4) 
C.  (2) dan (4) 
D.  (3) dan (5) 

46.  Perhatikan kalimat eksklusif berikut! 
Beri saya kesempatan sekali lagi Pak kata Refi suaranya lirih nyaris tak terdengar. 
Penggunaan tanda  baca  pada  kalimat  tersebut yang tepat yaitu … 
A.  “Beri  saya  kesempatan sekali lagi,  Pak.” kata Refi, suaranya lirih nyaris tak terdengar. 
B.  “Beri  saya kesempatan sekali lagi, Pak?” kata Refi suaranya lirih nyaris tak terdengar. 
C.  “Beri, saya kesempatan sekali lagi,  Pak!” kata Refi suaranya lirih, nyaris tak terdengar. 
D.  “Beri saya kesempatan sekali lagi, Pak,” kata Refi suaranya lirih, nyaris tak terdengar. 

47.  Perhatikan kalimat berikut! 
Populasi harimau sumatera terancam punah lantaran pemburuan liar. 
Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah … 
A.  Populasi  harimau  sumatera   terancam   punah karena perburuan liar. 
B.  Populasi  harimau  Sumatera  terancam  punah karena pemburuan liar. 
C.  Populasi  Harimau Sumatera  terancam  punah karena pemburuan liar. 
D.  Populasi  harimau   Sumatra   terancam funah karena perburuan liar. 

48.  Perhatikan kesalahan tanda baca pada kalimat berikut! 
Wah: bukan main hebatnya  pemain sirkus itu. 
Perbaikan   tanda   baca   pada   kalimat   tersebut adalah 
A.  Wah bukan main hebatnya, pemain sirkus itu. 
B.  Wah, bukan main hebatnya pemain sirkus itu. 
C.  Wah, bukan main hebatnya pemain sirkus itu? 
D.  Wah… bukan main hebatnya pemain sirkus itu!

49.  Perhatikan kalimat berikut! 
Mereka menyanyikan beberapa lagu Daerah, diantaranya Manuk Dadali dari Jawa Barat. 

Alasan ketidaktepatan ejaan pada kalimat tersebut 
adalah … 
A. Judul lagu tidak ditulis dengan aksara kapital. 
B.  Kata   tempat  tidak  menunjukkan   unsur   diri geografi. 
C. Lagu tempat memberikan khas tertentu ditulis dengan aksara kapital. 
D.  Jawa Barat tidak memberikan tempat tertentu seharusnya ditulis dengan aksara kecil. 

50.  Perhatikan  ketidkatepatan   tanda  baca  pada kalimat berikut! 
Biasanya, bawah umur  Badui memainkan:  kolecer bersama-sama. 

Alasan ketidaktepatan penggunaan  tanda  baca pada kalimat tersebut yaitu … 
A. Titik (.) tidak digunakan pada kalimat berita. 
B.  Tanda hubung (-) tidak digunakan pada kata ulang murni. 
C. Titik  dua  (:)  dipakai  pada   pernyataan  yang diikuti pemerian. 
D.  Koma (,) tidak  dipakai  dibelakang  ungkapan penghubung antarkalimat. 

Demikian prediksi untuk soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia tahun 2018 yang diambil dari soal ujian nasional sebelumnya. Selamat mencar ilmu dan semoga bermanfaat.

Sumber https://www.soal4you.com/