Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional 2017-2018


Sebentar lagi Ujian Nasional (UN) segera tiba, oleh lantaran itu pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut pelaksanaan Ujian Nasional yang diperkirakan akan jatuh pada bulan April 2018. Salah satu persiapan tersebut di antaranya Kementrian Pendidikan telah menerbitkan kisi-kisi soal Ujian Nasional tahun 2018 melalui permen-nya.

Kisi-kisi ini menggambarkan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI) atau bahan wacana apa dan mana saja yang akan diujikan dalam ujian nasional 2018 nanti. Kisi-kisi merupakan landasan dasar dalam penyusunan soal, jadi dengan demikian kisi-kisi ini penting untuk diketahui oleh para guru dan siswa biar mereka lebih fokus dan terarah dalam berguru untuk menghadapi Ujian Nasional nanti.

Berikut yaitu Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional Tahun 2017-2018 yang telah diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan Republik Indonesia untuk tingkat SMP/MTs dan sederajat.

Untuk lebih lengkapnya Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun 2017/2018, silakan unduh di link berikut ini:
Format PDF:
un.kemdikbud.go.id/UN2017/KISI-KISI-UN/KISI-KISI-UN-SMP-MTs-2017.pdf
Format Word:
https://drive.google.com/file/d/0Bwdp4hQ4dE6EalZIN0xCTktMaDA/view?usp=sharing

1. Bahasa Indonesia

Level Kognitif: 

  • Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi, Menentukan, Memaknai)
  • Aplikasi (Menyimpulkan, Menggunakan konsep/prinsip)
  • Penalaran (Mengevaluasi, Membandingkan pola, Menanggapi, Memvariasikan)


Membaca Nonsastra
  • menentukan makna kata/kalimat pada teks
  • menentukan informasi tersurat teks
  • menentukan serpihan teks
  • menentukan wangsit pokok teks
  • menyimpulkan isi teks
  • menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
  • meringkas isi teks
  • membandingkan penggunaan bahasa dan teladan penyajian beberapa jenis teks
  • mengomentari isi teks
  • menilai keunggulan/ kelemahan teks

Membaca Satra
  • menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
  • menentukan serpihan cerpen dan fabel
  • menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
  •  menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel 
  • menyimpulkan sebab/akibat konfik
  • membandingkan teladan pengembangan cerpen dan fabel  
  • membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel 
  • menunjukkan bukti latar dan watak
  • mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Menulis Terbatas
  • melengkapi istilah/kata dalam kalimat
  • menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
  •  melengkapi paragraf 
  • melengkapi serpihan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
  • memvariasikan kata
  • memvariasikan kalimat
  • menulis dengan ilustrasi tertentu
  • mengubah teks ke bentuk lain 
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
  • menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
  • menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
  • menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
  • mengisi konjungsi dalam kalimat
  • memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
  • menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
  • menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
  • menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca 
  • menggunakan ejaan
  • menggunaan tanda baca
  • memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
  • memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
  • menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca

2. Bahasa Inggris

Level Kognitif (Aplikasi)
  • Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi)
  • Aplikasi (Membandingkan, Mengkelasfikasi, Menjelaskan)
  • Penalaran (Menyimpulkan, Merinci Perbedaan/Persamaan, Menganalisis)
Fungsi Sosial
Siswa sanggup mengidentifikasi aspek- aspek fungsi sosial:
  • topik/isu/masalah
  • tujuan/fungsi/pesan 
  • latar belakang/alasan
  • akibat/dampak/manfaat 
  • sikap/nilai yang diusung
  • peran dan fungsi pembicara/penulis
  • peran dan fungsi pendengar/pembaca
  • konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)


Struktur Teks
Siswa sanggup membandingkan. mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:
  • pandangan, maksud, pendapat yang menjadi wangsit utama
  • rincian argumentasi, rincian langkah- langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi
  • plot, alur pikiran
  • referensi makna

Unsur Kebahasaan
Siswa sanggup membandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan teks berikut ini:
  • persamaan kata
  • word order
  • artikel, demonstrative, possessive pronoun
  • agreement dan number
  • tense
  • passive voice
  • referensi gramatika
  • kata sambung
  • preposisi
  • modal
  • kalimat conditional
  • konstruksi derivative
  • kalimat, frasa, ungkapan simpulan



Sumber https://www.soal4you.com/