Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Pg Beserta Jawabannya (Bagian 4)


Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Besar kemungkinan anda untuk mendapat nilai yang anggun jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak berguru latihan soal-soal ini.

Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 3)

Soal-Soal PG ini sanggup anda jadikan acuan dalam menghadapi soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.

Berikut dibawah ini yaitu Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta Jawabannya (Bagian 4), dimulai dari soal nomor 31 hingga dengan soal nomor 40.

31. Kata sejarah diserap dari bahasa...
A. Perancis
B. Melayu
C. Inggris
D. Turki
E. Arab
Jawabannya: E. Arab

32. Perhatikan pernyataan berikut.
Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, tetapi bergerak menyerupai garis bulat yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.
Pernyataan tersebut yaitu pengertian sejarah berdasarkan sejarawan, yaitu....
A. Thomas Carlyle
B. Ibnu Khaldun
C. Aristoteles
D. Herodotus
E. Plato
Jawabannya: D. Herodotus

33. Selain insan dan ruang, waktu merupakan unsur penting lain dalam sejarah. Waktu menjadi unsur dan konsep penting dalam sejarah karena...
A. Sejarah insan berlangsung dalam waktu tertentu
B. Hanya insan yang mempunyai unsur dan konsep waktu
C. Waktu memilih bekerjanya nalar kebijaksanaan dan kesadaran
D. Waktu menjadi penentu utama perjalanan hidup manusia
E. Manusia membutuhkan waktu untuk membuat sejarah
Jawabannya: D. Waktu menjadi penentu utama perjalanan hidup manusia

34. Salah satu faktor yang menyebabkan sejarah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan insan adalah....
A. Manusia merupakan pencetus sejarah
B. Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari manusia
C. Manusia selalu mengalami perubahan di dalam kehidupannya
D. Sejarah selalu membahas kehidupan insan dan lingkungannya
E. Sesuatu sanggup dikatakan sebagai sejarah kalau terdapat saksi dan bukti
Jawabannya: A. Manusia merupakan pencetus sejarah

35. Perhatikan pernyataan berikut.
Masa pendudukan Jepang di Indonesia terbilang singkat dari tahun 1942 hingga 1945, Namun, dampak yang ditumbulkan pemerintahan Jepang terhadap bangsa Indonesia sangat besar, b aik di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Contohnya, Jepang memperkenalkan acara tonarigumi, yaitu suatu sistem pemerintahan tingkat bawah atau dasar. Sistem ini bertujuan melaksanakan pengawasan terhadap acara masyarakat di desa-desa. Hingga kini, sistem tersebut masih berlaku dan lebih dikenal dengan rukun tetangga.

Berdasarkan info tersebut, sanggup disimpulkan bahwa sejarah adalah....
A. Hanya menampilkan peristiwa-peristiwa besar
B. Ilmu yang sanggup disimpulkan hanya dengan melihat satu peristiwa
C. Peristiwa sejarah sanggup dibuat sesuai dengan keinginan penguasa
D. Dalam setiap insiden sejarah terdapat tokoh-tokoh yang berpengaruh
E. Peristiwa pada masa kemudian yang saling berkaitan dan memengaruhi masa berikutnya
Jawabannya: E. Peristiwa pada masa kemudian yang saling berkaitan dan memengaruhi masa berikutnya

36. Kita mempelajari sejarah terutama alasannya yaitu sejarah....
A. Mengandung pelajaran-pelajaran berharga
B. Mengajarkan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan
C. Membuat kita mengetahui kehidupan insan pada masa lalu
D. Diamanatkan dan diwajibkan dalam kurikulum pendidikan nasional
E. Membuat kita mengenal perjalanan sebuah bangsa atau kebudayaan
Jawabannya: C. Membuat kita mengetahui kehidupan insan pada masa lalu

37. Perhatikan aspek-aspek berikut:
1) Kesinambungan
2) Perkembangan
3) Pertumbuhan
4) Pengulangan
5) Sinkronik
Aspek-aspek yang berkaitan dengan konsep waktu dalam sejarah ditunjukkan nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawabannya: B. 1), 2), dan 4)

38. Perhatikan info berikut.
Negara RIS bentukan Belanda pada tahun 1950 tidak sanggup bertahan usang alasannya yaitu muncul tuntutan-tuntutan untuk kembali ke dalam bentuk NKRI sebagai perwujudan dari impian Proklamasi 17 Agustus 1945. Gerakan menuju pembentukan NKRI mendapat proteksi yang kuat dari seluruh rakyat. Negara-negara bab satu per satu menggabungkan diri dengan Negara Bagian Republik Indonesia. Hal ini mengatakan bahwa konsep politik yang diusulkan Belanda memang tidak sesuai dengan kondisi politik di Indonesia. Oleh alasannya yaitu itu, konsep RIS tidak pernah lagi dipakai hingga ketika ini.

Berdasarkan info tersebut, sanggup disimpulkan bahwa sejarah sanggup dipakai sebagai....
A. Solusi untuk memecahkan dilema politik ketika ini
B. Tolak ukur kemajuan perpolitikan suatu bangsa melalui perjalanan sejarahnya
C. Pembelajaran untuk mencapai kondisi politik yang stabil dan sesuai dengan dasar negara
D. Senjata untuk menolak konsep politik absurd yang tidak sesuai dengan falsafah hidup Indonesia
E. Sarana menemukan konsep-konsep politik yang sanggup dipakai dan sesuai dengan masa mendatang
Jawabannya: E. Sarana menemukan konsep-konsep politik yang sanggup dipakai dan sesuai dengan masa mendatang

39. Hal yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah adalah....
A. Lebih mengenal perkembangan bangsa sendiri
B. Menbuat berpikir kritis dan subjektif
C. Sebagai panduan moral dan politik
D. Meningkatkan rasa nasionalisme
E. Memperkokoh identitas bangsa
Jawabannya: D. Meningkatkan rasa nasionalisme

40. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
1) Menghargai nilai-nilai usaha para pahlawan
2) Memahami budaya bangsa absurd yang lebih superior
3) Menerapkan perilaku bela tanah air sesuai dengan perkembangan zaman
4) Mengenal kemajuan teknologi yang dihasilkan bangsa asing
Manfaat mempelajari sejarah dalam kehidupan masa sekarang ditunjukkan oleh nomor....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)
Jawabannya: B. 1) dan 3)

Lanjut ke soal nomor 41 - 50 = Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 5)

Sumber http://kerjaintugasnya.blogspot.com/