40 Teladan Soal Cobaan Sekolah (Usp/Usbn) Kimia Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta Kunci Respon 2022
40 Contoh Soal Ujian Sekolah (USP/USBN) Kimia Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban Tahun 2021 / 2022 - Menghadapi Ujian Sekolah/USP mata pelajaran kimia tahun 2022 ini, admin kembali memposting contoh soal-soal USP/USBN yang sanggup siswa menengah atas pelajari selaku referensi mencar ilmu online, yang bahan soalnya diambil dari tahun-tahun sebelumnya.
Khusus bahan soal USP Kimia tahun 2022, soal diambil dari tahun 2020 dengan bahan sebanyak 40 butir soal (35 PG + 5 essay/uraian).
Berikut di bawah ini, soal USP/USBN kimia dilengkapi kunci balasan dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.
1.Perhatikan gambar berikut!
A.mudah terbakar
B.korosif
C.beracun
D.mudah meledak
E.menyebabkan iritasi
Jawaban: D
2.Perhatikan notasi unsur berikut!
Letak unsur dan konfigurasi elektron yang paling tepat yakni ....
Jawaban: D
3.Data percobaan reaksi tembaga dan welirang selaku berikut!
Pada massa tersebut digunakan welirang berlebihan. Berdasarkan data percobaan itu, perbandingan massa tembaga dengan massa welirang yakni ....
A.1 : 3
B.2 : 1
C.2 : 7
D.4 : 3
E.7 : 4
Jawaban: B
4.Jika 204 gram bauksit (Mr Al2O3 = 102) direduksi tepat menciptakan 54 gram aluminium (Ar Al = 27). Persentase Al2O3 dalam cuplikan tersebut yakni ....
A.50 %
B.75 %
C.80 %
D.90 %
E.100 %
Jawaban: A
5.Diketahui nama 5 senyawa selaku berikut!
1)PCl5 = fosforus pentaklorida
2)As2O3 = arsen oksida
3)Al2O3 = aluminium oksida
4)BaCl2 = barium klorida
5)Ca(OH)2 = kalsium hidroksida
Dari data tersebut, nama yang tidak cocok dengan kaidah santunan nama menurut IUPAC yakni ....
A.1)
B.2)
C.3)
D.4)
E.5)
Jawaban: B
6.Pernyataan berikut yang bukan wacana teori atom Dalton yakni ....
A.atom yakni penggalan terkecil dari bahan yang tidak sanggup dibagi lagi
B.atom tidak sanggup diciptakan dan tidak sanggup dimusnahkan
C.atom dari unsur yang berlainan sanggup bergabung membentuk senyawa
D.reaksi kimia melibatkan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali atom-atom
E.atom digambarkan selaku roti kismis
Jawaban: E
7.Perhatikan gambar pengujian daya hantar beberapa larutan ini!
Larutan yang bersifat elektrolit besar lengan berkuasa dan elektrolit lemah berturut-turut yakni ....
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.1 dan 5
D.2 dan 3
E.4 dan 5
Jawaban: C
8.Dari percobaan diperoleh data :
Larutan di atas yang ialah larutan penyangga yakni ....
A.P
B.Q
C.R
D.S
E.T
Jawaban: A
9.Larutan dengan pH 12 dibentuk dengan melarutkan a gram NaOH (Mr = 40) ke dalam air sampai volume larutan 500 mL. Besarnya a yakni ....
A.4,0 gram
B.2,0 gram
C.1,0 gram
D.0,4 gram
E.0,2 gram
Jawaban: E
Baca juga soal-soal USP lainnya:
- Contoh Soal USP Biologi Kelas 12 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 40 Contoh Soal USP Matematika Wajib Kelas 12 Beserta Kunci Jawaban
- 90 tumpuan soal USP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 100+ tumpuan soal USP PPKn SMA/MA/SMK/MAK Beserta Kunci Jawabannnya
- 40 Contoh Soal USP Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Persiapan Ujian Tahun 2022
- Contoh Soal USP Fisika Sekolah Menengan Atas Beserta Jawaban
10.Perhatikan grafik titrasi asam-basa berikut!
A.0,25 M
B.0,125 M
C.0,1 M
D.0,075 M
E.0,04 M
Jawaban: A
11.Massa (NH4)2SO4 (Mr = 132) yang mesti dilarutkan dalam air sehingga membentuk 100 mL larutan dengan pH = 5 (Kb NH3 = 1 x 10-5) yakni ....
A. 0,33 gram
B.0,66 gram
C.1,32 gram
D.2,64 gram
E.13,2 gram
Jawaban: B
12.Seorang peneliti mengambil sampel air sungai untuk mengenali kandungan zat tertentu. Hal pertama yang dijalankan yakni memisahkan pengotor dengan airnya, yakni menuangkan air ke dalam wadah lain dan memisahkan partikel besarnya, kemudian air yang terpisah tadi disaring menggunakan kertas saring, Proses pemisahan adonan yang sudah dijalankan yakni ....
A.destilasi dan filtrasi
B.dekantansi dan filtrasi
C.ekstraksi dan dekantansi
D.kromatografi dan destilasi
E.ekstraksi dan kromatografi
Jawaban: B
13.Campuran larutan berikut ini yang sanggup membentuk larutan penyangga yakni ....
A.50 mL CH3COOH 0,2 M dan 50 mL NaOH 0,1 M
B.50 mL CH3COOH 0,2 M dan 100 mL NaOH 0,1 M
C.50 mL HCl 0,2 M dan 100 mL NH3 0,1 M
D.50 mL HCl 0,2 M dan 50 mL NH3 0,1 M
E.50 mL HCl 0,2 M dan 100 mL NaOH 0,1 M
Jawaban: A
14.Perhatikan data hasil percobaan selaku berikut!
Jenis ikatan yang terdapat pada zat V dan X secara berturut-turut yakni ....
A.ikatan logam dan ikatan ion
B.ikatan logam dan kovalen polar
C.ikatan kovalen polar dan kovalen non-polar
D.ikatan logam dan kovalen non-polar
E.ikatan ion dan kovalen non-polar
Jawaban: D
15.Prinsip basuh darah bagi penderita gagal ginjal dijalankan menurut ....
A.Efek Tyndall
B.dialisis
C.absorpsi
D.elektroforesis
E.koagulasi
Jawaban: B
16.Berikut ini yakni reaksi kesetimbangan.
4 A(g) + 2 B(g) ⇋ 2 C(g) ∆H = - 60 kJ
Keadaan yang hendak memunculkan kesetimbangan bergeser ke arah kiri (membentuk reaktan lebih banyak) yakni ....
A.menurunkan suhu
B.menambahkan katalis
C.menambahkan fokus A
D.menambahkan volume
E.menaikkan tekanan
Jawaban: D
17.Percobaan yang dijalankan untuk mempelajari kinetika kimia dari reaksi:
A + B → P + Q
Dari hasil percobaan tersebut sanggup ditarik kesimpulan bahwa persamaan laju reaksi yang cocok yakni ....
A.v = k [A] [B]
B.v = k [A]2 [B]
C.v = k [A] [B]2
D.v = k [B]
E.v = k [B]2
Jawaban: D
18.Perhatikan gambar berikut!
Reaksi yang terjadi pada anode yakni ....
A.Pb2+ + 2e- → Pb
B.Pb → Pb2+ + 2e-
C.Cu2+ + 2e- → Cu
D.Cu → Cu2+ + 2e-
E.Pb2+ + Cu → Pb + Cu2+
Jawaban: B
19.Perhatikan persamaan reaksi redoks berikut!
Sn(s) + 4HNO3(aq) → SnO
Bilangan oksidasi dari zat oksidator dan hasil reduksinya berturut-turut yakni ....
A.+1, Sn
B.+1, SnO2
C.+4, NO2
D.+5, NO2
E.+5, HNO2
Jawaban: D
20.Suatu zat non elektrolit, Mr = 60, sebanyak 3 gram dilarutkan ke dalam 500 gram air, ternyata membeku pada suhu -1 oC. Massa zat tersebut yang mesti dilarutkan ke dalam 1500 gram air mudah-mudahan diperoleh larutan yang mempunyai penurunan titik beku 1/4 nya dari penurunan titik beku larutan di atas yakni …
A.1,25 gram
B.2,25 gram
C.3,50 gram
D.36,00 gram
E.37,50 gram
Lanjut ke soal nomor 21-40 ==> 40 tumpuan soal USP Kimia SMA/MA