Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar-Dasar Copywriting Yang Perlu Kita Pahami

Apa itu copywriting?

Copywriting ialah kalimat yang mengandung unsur iklan. Bahasa yang sederhana, kalimat atau tulisan bagi pembaca untuk mendapatkan apa yang disediakan.

Seperti bahasa gaul sekarang, 'menghasut' untuk menarik minatpembaca yang dibujuk dan terpesona kemudian membeli.

Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Aman

Untuk mencapai tujuan itu, mulailah dengan memikirkan apa yang mau dipedulikan oleh calon pelanggan. Perhatikan mereka; latar belakang, industri, tantangan, dan dorongan yang membuat mereka kesengsem dikala mereka mendengar berita dari Anda.

Menciptakan

Gunakan kalimat sederhana dan berikan langkah-langkah

Meningkatkan emosi dalam copywriting

Ajukan pertanyaan untuk mengembangkan umpan balik

Ubah copywriting sesuai dengan pembaca target

Jangan kerjakan itu

Kalimat clickbait seperti 'penting', 'gratis'

Kalimat klise seperti 'Bisakah saya memberi Anda waktu sebentar?'

I: Interest (Minat)

Menarik perhatian pada satu hal. Pegang perhatian pembaca pada satu hal lain.

Untuk memutuskan bahwa iklan atau aktivitas penjualan Anda berhasil menciptakan pembaca tetap memperhatikan, Anda mesti memberi mereka argumentasi.

Tindakan yang tersedia mampu dijalankan misalnya menerangkan terhadap pembaca, problem yang mereka hadapi akan berdampak negatif pada kehidupan mereka.

Cara lain, Anda membuat alur kisah yang membuat seseorang 'mencicipi' duduk perkara yang kami soroti, dan kemudian menenteng mereka untuk memperoleh penyelesaian yang tepat.

Kunci untuk langkah Interest (Minat) dalam formula AIDA ini akan menimbulkan persoalan itu seolah-olah persoalan peribadi pembacanya, jadi anda akan dapat tarik perhatian pembaca sasaran dan bukannya pembaca yang tak berkaitan.

D: Desire (Keinginan)

Ketika pembaca Anda terjebak dan tertarik, teruskan dengan memberitahu mereka apa yang Anda tawarkan.

Perkuat lebih lanjut penawaran Anda dengan keuntungan yang meyakinkan untuk mengubah minat menjadi impian. Bagaimana penawaran Anda bisa membuat hidup mereka lebih mudah atau lebih baik.

Untuk lebih mengembangkan kredibilitas, sisipkan pola, studi masalah atau testimonial untuk menolong membujuk mereka ke langkah selanjutnya.

Menciptakan:

Tampilkan keunikan anda

Tunjukkan kelebihan yang memfokuskan pembaca

Demonstrasi keterampilan/kredibilitas dengan contoh-acuan

Jangan Lakukan:

Melebih-lebih dalam penawaran khusus

Terlalu banyak usulan sehingga hilang konsentrasi asal

A: Action (Tindakan)

Tutup usulan anda dengan call-to-action (CTA) yang terang dan padat.

Jujurlah ihwal tindakan yang perlu diambil oleh kandidat pelanggan Anda.

Baca Juga : Contoh Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik untuk Mahasiswa

Haruskah mereka mengisi formulir kontak atau membalas email Anda?

Jangan galau mereka dengan banyak opsi atau undangan yang tidak terperinci mirip 'Beri tahu kami pertimbangan Anda.

Kiat embel-embel, minimalkan gangguan untuk memfasilitasi langkah-langkah dengan menunjukkan tautan yang dapat diklik. Tautan mirip ini dapat mengarahkan pembaca pribadi ke kegiatan penjualan.

Semakin kurang gangguan, semakin tinggi kemungkinan pembaca akan membeli. 

Menciptakan:

Arahan yang jelas untuk tindakan selanjutnya

Jangan lakukan:

Sebuah ayat yang tidak terang ihwal apa yang mesti mereka kerjakan

Hal-hal permintaan bertindak ke pilihan yang berbeda

Kesimpulan – Formula AIDA Asas Copywriting

Formula AIDA ini sangat penting untuk copywriting. Anda menjajal untuk lewat empat langkah dasar ini terlebih dahulu. Rumus lain yaitu perpanjangan dari rumus AIDA.