Dasar-Dasar Copywriting Yang Perlu Kita Pahami
Apa itu copywriting?
Copywriting ialah kalimat yang mengandung unsur iklan. Bahasa yang sederhana, kalimat atau tulisan bagi pembaca untuk mendapatkan apa yang disediakan.
Seperti bahasa gaul sekarang, 'menghasut' untuk menarik minatpembaca yang dibujuk dan terpesona kemudian membeli.
Untuk mencapai tujuan itu, mulailah dengan memikirkan apa yang mau dipedulikan oleh calon pelanggan. Perhatikan mereka; latar belakang, industri, tantangan, dan dorongan yang membuat mereka kesengsem dikala mereka mendengar berita dari Anda.
Menciptakan
Gunakan kalimat sederhana dan berikan langkah-langkah
Meningkatkan emosi dalam copywriting
Ajukan pertanyaan untuk mengembangkan umpan balik
Ubah copywriting sesuai dengan pembaca target
Jangan kerjakan itu
Kalimat clickbait seperti 'penting', 'gratis'
Kalimat klise seperti 'Bisakah saya memberi Anda waktu sebentar?'
I: Interest (Minat)
Menarik perhatian pada satu hal. Pegang perhatian pembaca pada satu hal lain.
Untuk memutuskan bahwa iklan atau aktivitas penjualan Anda berhasil menciptakan pembaca tetap memperhatikan, Anda mesti memberi mereka argumentasi.
Tindakan yang tersedia mampu dijalankan misalnya menerangkan terhadap pembaca, problem yang mereka hadapi akan berdampak negatif pada kehidupan mereka.
Cara lain, Anda membuat alur kisah yang membuat seseorang 'mencicipi' duduk perkara yang kami soroti, dan kemudian menenteng mereka untuk memperoleh penyelesaian yang tepat.
Kunci untuk langkah Interest (Minat) dalam formula AIDA ini akan menimbulkan persoalan itu seolah-olah persoalan peribadi pembacanya, jadi anda akan dapat tarik perhatian pembaca sasaran dan bukannya pembaca yang tak berkaitan.
D: Desire (Keinginan)
Ketika pembaca Anda terjebak dan tertarik, teruskan dengan memberitahu mereka apa yang Anda tawarkan.
Perkuat lebih lanjut penawaran Anda dengan keuntungan yang meyakinkan untuk mengubah minat menjadi impian. Bagaimana penawaran Anda bisa membuat hidup mereka lebih mudah atau lebih baik.
Untuk lebih mengembangkan kredibilitas, sisipkan pola, studi masalah atau testimonial untuk menolong membujuk mereka ke langkah selanjutnya.
Menciptakan:
Tampilkan keunikan anda
Tunjukkan kelebihan yang memfokuskan pembaca
Demonstrasi keterampilan/kredibilitas dengan contoh-acuan
Jangan Lakukan:
Melebih-lebih dalam penawaran khusus
Terlalu banyak usulan sehingga hilang konsentrasi asal
A: Action (Tindakan)
Tutup usulan anda dengan call-to-action (CTA) yang terang dan padat.
Jujurlah ihwal tindakan yang perlu diambil oleh kandidat pelanggan Anda.
Baca Juga : Contoh Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik untuk Mahasiswa
Haruskah mereka mengisi formulir kontak atau membalas email Anda?
Jangan galau mereka dengan banyak opsi atau undangan yang tidak terperinci mirip 'Beri tahu kami pertimbangan Anda.
Kiat embel-embel, minimalkan gangguan untuk memfasilitasi langkah-langkah dengan menunjukkan tautan yang dapat diklik. Tautan mirip ini dapat mengarahkan pembaca pribadi ke kegiatan penjualan.
Semakin kurang gangguan, semakin tinggi kemungkinan pembaca akan membeli.
Menciptakan:
Arahan yang jelas untuk tindakan selanjutnya
Jangan lakukan:
Sebuah ayat yang tidak terang ihwal apa yang mesti mereka kerjakan
Hal-hal permintaan bertindak ke pilihan yang berbeda
Kesimpulan – Formula AIDA Asas Copywriting
Formula AIDA ini sangat penting untuk copywriting. Anda menjajal untuk lewat empat langkah dasar ini terlebih dahulu. Rumus lain yaitu perpanjangan dari rumus AIDA.