Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50 Rujukan Soal Pkn Kelas 11 Semester 1 Ihwal Ham Kurikulum 2013 (Pg+Essay)Part3

50 Contoh Soal PKN Kelas 11 Semester 1 Tentang HAM Kurikulum 2013 (PG+Essay) Part3 SMA/MA/SMK/MAK - Soal-soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI semester ganjil K13 Edisi revisi wacana Hak Asasi Manusia (HAM) serpihan ketiga atau terakhir ini, masih diambil dari bahan Bab 1 soal kewarganegaraan tentang Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila.

Selain itu, soal serpihan ke-3 wacana HAM merupakan lanjutan 50 soal PKN kelas 11 semester 1 wacana HAM sebelumnya (latihan soal nomor 16-30). 

Di mulai dari pertanyaan nomor 31, berikut dibawah ini soal kewarganegaraan wacana HAM kelas 11 semester 1 dan kunci respon kurtilas edisi revisi.

31. Jelaskan ciri khusus hak asasi insan yang disebut hakiki!
Jawaban: Hakiki, artinya hak asasi insan merupakan hak asasi semua umat insan yang telah ada sejak lahir.

32. Sebutkan perilaku faktual yang sanggup ditunjukkan oleh setiap warga negara sesuai dengan sila ketiga!
Jawaban:
a. Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keamanan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.
b. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
c. Cinta tanah air dan bangsa
d. Bangga selaku bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
e. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang berBhinneka Tunggal Ika

33. Apakah yang dimaksud dengan keharusan dasar manusia?
Jawaban: keharusan dasar insan merupakan seperangkat keharusan yang apabila tidak dilaksanakan, tidak memungkinkan terlaksananya dan tegaknya hak asasi manusia.

34. Apa yang dimaksud dengan genocoide (genosida)?
Jawaban: pembunuhan atau pemusnahan besar-besaran yang dijalankan secara sistematis dan bersiklus terhadap sebuah bangsa, suku, atau ras. Tindakan ini dijalankan oleh sebuah golongan suku/bangsa terhadap suku/bangsa lain demi kepentingan politiknya.

35. Untuk menjamin pelaksanaan HAM di Indonesia, maka dibentuklah Komnas HAM. Apa yang dijalankan oleh Komnas HAM untuk meraih tujuan tersebut?
Jawaban: kesibukan yang dijalankan oleh Komnas HAM:
a. Menyebarkan pengetahuan nasional dan internasional HAM.
b. Mengkaji banyak sekali instrumen PBB wacana HAM
c. Memantau dan menyidik pelaksanaan HAM serta menampilkan masukan terhadap tubuh pemerintahan negara mengenai pelaksanaan HAM.
d. Mengadakan kolaborasi regional dan internasional dalam rangka meningkatkan dan melindungi HAM.

36. Sebutkan langkah-langkah pencegahan yang sanggup dijalankan untuk menangani banyak sekali masalah pelanggaran HAM?
Jawaban:
a. Menegakkan supremasi aturan dan demokrasi
b. Meningkatkan mutu pelayanan publik untuk menangkal terjadinya banyak sekali bentuk pelanggaran HAM oleh pemerintah.
c. Meningkatkan pengawasan dari penduduk dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakkan HAM yang dijalankan oleh pemerintah.
d. Meningkatkan penyebarluasan prinsip-prinsip HAM terhadap penduduk lewat forum pendidikan formal maupun nonformal.
e. Meningkatkan profesionalisme forum keamanan dan pertahanan negara.
f. Meningkatkan kolaborasi yang serasi antarkelompok atau golongan dalam penduduk agar bisa saling mengerti dan menghormati kepercayaan dan usulan masing-masing.

37. Bagaimanakah cara untuk ikut berperan serta dalam penegakan hak asasi insan dalam kehidupan sekolah?
Jawaban:
a. Menaati tata tertib sekolah dengan baik.
b. Menghormati bapak/ibu guru dan warga sekolah lainnya.
c. Tidak membeda-bedakan kawan dalam pergaulan.
d. Membantu kawan yang memerlukan bantuan, dan sebagainya.

38. Sebutkan hak negara yang dikelola dalam Undang-Undang Dasar 1945!
Jawaban:
a. Hak untuk ditaati aturan dan pemerintahan (Pasal 27 ayat (1))
b. Hak untuk dibela (Pasal 27 ayat (3))
c. Hak untuk dipertahakankan (pasal 30 ayat (1))
d. Hak untuk menguasai bumi, air dan kekayaan alam untuk kepentingan rakyat (Pasal 33 ayat (2) dan ayat (3))

39. Apakah yang dimaksud dengan nilai praksis Pancasila?
Jawaban: nilai praksis merupakan realisasi nilai-nilai instrumental sebuah pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

40. Sebutkan perilaku faktual yang sanggup ditunjukkan setiap warga negara sesuai dengan sila pertama Pancasila!
Jawaban:
a. Hormat-menghormat dan melakukan pekerjaan sama antarumat beragama sehingga terbina kerukunan hidup.
b. Saling menghormati keleluasaan beribadah sesuai agama dan kepercayaannya.
c. Tidak memaksakan sebuah agama dan kepercayaan terhadap orang lain.

41. Sebutkan tujuan pembentukan komnas HAM!
Jawaban:
a. Meningkatkan proteksi dan penegakan hak asasi insan guna membuatkan pribadi insan Indonesia seutuhnya dan memampukannya berapartispasi dalam banyak sekali bidang kehidupan.
b. Mengembangkan keadaan yang aman bagi pelaksanaan hak asasi insan sesuai dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Piagam Perserikatan Bangsa-bangsa, serta Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Baca juga:
- 40 Contoh Soal UTS/PTS PKN Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban
- 50 Soal Perguruan Tinggi Swasta PKN kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 dan kunci jawabannya.
- 50 rujukan soal UTS/PTS PKN kelas 11 semester 1 K13 Edisi Revisi

42. Apa Tugas dan wewenang pengadilan HAM?
Jawaban: Pengadilan HAM bertugas dan berwenang menilik dan menentukan masalah pelanggaran hak asasi insan yang benar.

43. Apakah yang dimaksud dengan diskriminasi?
Jawaban: diskriminasi, merupakan sebuah pembatasan, pelecahan atau pengucilan yang eksklusif maupun tidak eksklusif didasarkan pada pembedaan insan atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, jenis kelamin, bahasa, keyakinan, dan politik yang berakibat pengurangan, penyimpangan atau pembatalan hak asasi manusia, dan keleluasaan dasar dalam kehidupan baik secara perorangan maupun kolektif dalam semua faktor kehidupan.

44. Jelaskan yang dimaksud dengan pelanggaran HAM berat!
Jawaban: pelanggaran HAM berat, yakni pelanggaran HAM yang berbahaya dan mengancam nyawa insan seumpama pembunuhan, penganiayaan, perampokan, dan sebagainya.

45. Kapankah kejadian bom Bali terjadi?
Jawaban: kejadian bom Bali terjadi pada 12 November 2002.

46. Jelaskan yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi insan menurut UU No. 39 Tahun 1999!
Jawaban: pelanggaran hak asasi insan merupakan setiap perbuatan seseorang atau golongan orang tergolong pegawanegeri negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara aturan mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi insan seseorang atau golongan orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapat atau dikhawatirkan tidak akan menemukan solusi aturan yang adil dan benar menurut prosedur aturan yang berlaku.

47. Sebutkan faktor eksternal yang memicu terjadinya pelanggaran hak asasi manusia!
Jawaban:
a. Perangkat aturan yang tidak tegas dan tidak terang sehingga memicu ketidakpastian hukum.
b. Struktur sosial dan politik yang memungkin terjadinya pelanggaran aturan dan HAM.
c. Kesenjangan ekonomi
d. Teknologi yang digunakan secara salah
e. Belum meratanya pengertian wacana HAM, adanya orang atau pihak yang menghasilkan pelanggaran HAM itu menjadi mudah dilakukan.
f. Adanya pihak yang menolong dan membuat lebih mudah pelanggaran HAM, ketidaktegasan penegak aturan seumpama polisi, hakim, jaksa dalam menangani pelanggaran HAM.
g. Kurang berfungsinya lembaga-lembaga penegak hukum.

48. Jelaskan yang Anda pahami wacana instrumen HAM!
Jawaban: instrumen HAM merupakan alat untuk menjamin proses proteksi dan penegakan hak asasi manusia. Instrumen HAM lazimnya berupa peraturan perundang-undangan dan lembaga-lembaga penegak hak asasi manusia, seumpama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Pengadilan HAM. Instrumen HAM yang berupa peraturan perundang-undangan dibikin untuk menjamin kepastian aturan serta menampilkan instruksi dalam proses penegakan HAM.

49. Bagaimana pengertian HAM menurut John Locke?
Jawaban: Hak asasi insan merupakan hak yang dibawa sejak lahir yang secara kodrati menempel pada setiap insan dan tidak sanggup diusik gugat (bersifat mutlak).

50. Jelaskan yang dimaksud dengan universal dalam ciri khusus hak asasi manusia!
Jawaban: Universal, artinya hak asasi insan berlaku untuk siapa pun tanpa menatap status, suku bangsa, gender atau perbedaan lainnya.

Lanjut ke soal Bab 2 ==> 50 Contoh Soal PKN Kelas 11 Semester 1 Tentang Demokrasi Pancasila Kurikulum 2013 (PG+Essay)


Sumber https://umar-danny.blogspot.com/