Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Pg2 (Bagian 9) Beserta Jawabannya
Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sekaligus sanggup dijadikan referensi dalam menghadapi ujian atau ulangan yang sebenarnya
Besar kemungkinan anda untuk mendapat nilai yang manis jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak berguru latihan soal-soal ini.
Ini merupakan lanjutan dari
Berikut dibawah ini ialah Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta Jawabannya (Bagian 9), dimulai dari soal nomor 81 hingga dengan soal nomor 90.
81. Pengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah menurut ciri-ciri tertentu untuk menghindari anakronisme sejarah disebut....
A. Periodisasi
B. Kronologi
C. Sinkronik
D. Empiris
E. Kronik
Jawabannya: B. Kronologi
82. Perhatikan data-data berikut
1) Masa Pergerakan Nasional
2) Abad Pertengahan
3) Masa Pendudukan Jepang
4) Renaisans
5) Masa reformasi
Periodisasi sejarah Eroopa ditunjukkan nomor....
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 5)
E. 4) dan 5)
Jawabannya: C. 2) dan 4)
83. Jika mempelajari insiden sejarah secara menyeluruh, mencakup waktu yang panjang, tetapi terbatas dalam ruang, Anda memakai konsep berpikir...
A. Kronik
B. Sinkronik
C. Diakronik
D. Kronologi
E. Anakronisme
Jawabannya: C. Diakronik
84. Konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan...
A. Biaya penelitian yang besar
B. Perbandingan dengan ilmu sosial
C. Teori dan konsep ilmu-ilmu sosial
D. Waktu yang usang untuk menciptakan analisisnya
E. Sumber orisinil hasil wawancara dengan pelaku sejarah
Jawabannya: B. Perbandingan dengan ilmu sosial
85. Perbedaan ilmu sejarah dengan ilmu sosial ialah ilmu sejarah...
A. Unsur subjektifitasnya tinggi, sedangkan ilmu sosial sangat objektif sebab mengkaji insiden kotemporer
B. Ditulis dengan gaya bahasa yang cenderung kaku, sedangkan ilmu sosial lebih gampang dimengerti
C. Memiliki generalisasi menurut fakta, sedangkan ilmu sosial generalisasinya berupa asumsi
D. Memanjang dalam waktu, sedangkan ilmu sosial melebar dalam ruang
E. Disusun secara tematis, sedangkan ilmu sosial secara kronologis
Jawabannya: A. Unsur subjektifitasnya tinggi, sedangkan ilmu sosial sangat objektif sebab mengkaji insiden kotemporer
86. Bacalah informasi berikut dengan seksama.
Teori dan konsep ilmu sosial sanggup dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis insiden sejarah. Hal tersebut sanggup menciptakan sejarawan menganalisis insiden sejarah secara mendalam.
Hal tersebut merupakan konsep sejarah, yaitu....
A. Kronik
B. Sinkronik
C. Diakronik
D. Monokronik
E. Anakronisme
Jawabannya: B. Sinkronik
87. Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah...
A. Kronologi mengatakan urutan waktu, sedangkan kronik mengatakan catatan peritiwa
B. Kronologi hanya melihat insiden politik saja, sedangkan kronik melihat insiden sosial-ekonomi
C. Kronologi mengatakan urutan insiden yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar mengatakan catatan peristiwa-peristiwa tanpa terang hubungannya
D. Kronologi ialah pembagian zaman, pengelompokkan insiden sejarah menurut ciri khasnya, sedangkan kronik ialah urutan insiden sejarah sesuai waktu terjadinya
E. Kronologi bertujuan membagi insiden sejarah dalam beberapa bidang kajian, sedangkan kronik ialah urutan dinasi-dinasti pemerintahan di Tiongkok
Jawabannya: C. Kronologi mengatakan urutan insiden yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar mengatakan catatan peristiwa-peristiwa tanpa terang hubungannya
88. Tujuan berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah adalah...
A. Melihat perubahan dan perkembangan suatu insiden sejarah secara struktural
B. Mempermudah mengkaji insiden sejarah dikarenakan telah sesuai urutan waktu
C. Tidak terjadi tumpang tindih atau bertumpukan antarperistiwa sejarah
D. Mempemudah penerapan konsep periodisasi dan kronolosi
E. Mempelajari insiden sejarah sesuai waktu terjadinya
Jawabannya: A. Melihat perubahan dan perkembangan suatu insiden sejarah secara struktural
89. Kronologi sangat penting dalam merekonstruksi insiden masa kemudian dan menghindari terjadinya anakronisme. Definisi anakronisme dalam sejarah adalah....
A. Kerancuan dalam urutan insiden sejarah
B. Pembabakan insiden sejarah tanpa dasar yang jelas
C. Terjadinya missing link dalam urutan insiden sejarah
D. Terdapatnya dua insiden sejarah dalam versi yang berbeda
E. Hilanngnya satu atau dua insiden sejarah dalam suatu kronologi
Jawabannya: E. Hilanngnya satu atau dua insiden sejarah dalam suatu kronologi
90. Perhatikan rangkaian insiden berikut.
1) Pada tahun 1511, Alfonso de Albuquerque berhasil menguasai kota pelabuhan Malaka.
2) Pada tahun 1521, Sebastian de Cano (Spanyol) berlayar bersama Ferdinand Magellan. Setelah Ferdinand meninggal, ia melanjutkan perjalanan pulang ke Spanyol melewati Tidore, Maluku, Timor, dan menyeberangi Samudra Hindia
3) Pada tahun 1579, Sir Francis Drake berlabuh di Kerajaan Ternate dan dijamu oleh Sultan Ternate, Baabullah
4) Pada tahun 1596, Cornelis de Houtman datang di Banten pada 1596, dengan memakai empat kapal
5) Pada tahun 1602, James Lancester (EIC-Inggris) melaksanakan pelayaran ke Indonesia kapalnya datang di Aceh
6) Pada tahun 1770, James Cook, pelaut populer Inggris sehabis melaksanakan pelayaran Australia, singgah di Batavia sebab kapalnya mengalami kerusakan.
Rangkaian insiden tersebut merupakan salah satu referensi dari....
A. Tambo
B. Kronik
C. Babad
D. Kronologi
E. Periodisasi
Jawabannya: E. Periodisasi
Lanjut ke
Sumber http://kerjaintugasnya.blogspot.com/