Kisi Unbk Biologi 2018
Pagi ini saya postingkan KISI INBK BIOLOGI 2018 -2019 semoga bisa dipakai dan bermanfaat
Segera dibedah sehingga jadi goresan pena yang bermanfaat untuk ujian nanti OK
KISI SEMUA PELAJARAN UNBK SMA
BEDAH KISI BIOLOGI
LATIHAN SOAL VIRUS MONERA
Segera dibedah sehingga jadi goresan pena yang bermanfaat untuk ujian nanti OK
KISI SEMUA PELAJARAN UNBK SMA
BEDAH KISI BIOLOGI
KISI UNBK BIOLOGI 2018
- Sisw sanggup menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh virus
- Disajikan gambar Virus siswa sanggup menjelaskan fungsi pecahan struktur virus yang ditunjuk
- Disajikan gambar Virus Siswa sanggup memilih ciri-ciri organisme tertentu dari ciri umum yang ditentukan berupa Reproduksi
- Disajikan gambar basil siswa sanggup menjelaskan fungsi pecahan yang ditunjuk
- Disajikan gambar bakteri Siswa sanggup menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh bakteri
- Disajikan gambar basil Siswa sanggup menjelaskan peranan bakteri
- Disajikan gambar Protista siswa sanggup menjelaskan pecahan yang ditunjuk
- Disajikan gambar Protista Siswa sanggup menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh Protista
- Disajikan gambar Protista Siswa sanggup menjelaskan peranan Protista
- Siswa sanggup memilih tingkat keanekara-gaman menurut data/gambar yang ditampilkan
- Disajikan data ihwal langkah kerja ilmiah, siswa sanggup merunutkan langkah kerja ilmiah dengan benar
- Disajikan data penelitian/percobaan siswa sanggup memilih variabel/ meramalkan hipotesis dalam methode ilmiah
- Disajikan data/gambar aneka macam jenis protista binatang siswa sanggup menenentukan dasar pengelompokannya
- Disajikan data/gambar aneka macam jenis flora siswa sanggup menenentukan dasar pengelompokannya
- Disajikan data/gambar aneka macam jenis binatang vertebrata siswa sanggup menenentukan dasar pengelompokannya
- Disajikan data/gambar aneka macam jenis monera , fungi siswa sanggup menenentukan dasar pengelompokannya
- Disajikan gambar/data ihwal daur hidup binatang cacing hati fasciola hepatica siswa sanggup memilih tahapan dalam daur hidup tersebut
- Disajikan gambar/data ihwal daur hidup binatang cacing pita siswa sanggup memilih tahapan dalam daur hidup tersebut
- Disajikan gambar/data ihwal daur hidup binatang ubur ubur aurelia aurita / obelia siswa sanggup memilih tahapan dalam daur hidup tersebut
- Disajikan gambar/data ihwal daur hidup binatang cacing hati ikan siswa sanggup memilih tahapan dalam daur hidup tersebut
- Disajikan gambar/data ihwal daur hidup Paku siswa sanggup memilih tahapan dalam daur hidup tersebut
- Disajikan gambar/data ihwal daur hidup Lumut siswa sanggup memilih tahapan dalam daur hidup tersebut
- Disajikan denah gambar Jaring2 masakan Menentukan tugas organisme dalam daur tersebut
- Disajikan diagram Biogeokimia atau gambar sikus unsur siswa sanggup : - memilih proses yang terjadi menurut gambar (N dan C)
- Perubahan lingkungan Disajikan masalah ihwal perubahan lingkungan siswa sanggup meramalkan perubahan/factor yang menghipnotis perubahan lingkungan
- Disajikan gambar Protista, siswa sanggup :menemukan alasan pengelompokkannya
- Disajikan gambar Protista, siswa sanggup menarik kesimpulan ihwal klasifikasinya
- Disajikan gambar binatang vertebrata siswa sanggup :menemukan alasan pengelompokkannya
- Disajikan gambar Hewan Vertebrata , siswa sanggup menarik kesimpulan ihwal klasifikasinya
- Disajikan gambar jamur , siswa sanggup : menemukan alasan pengelompokkannya
- Disajikan gambar jamur menarik kesimpulan ihwal klasifikasinya
- Disajikan beberapa gambar/ciri flora siswa sanggup : Tumbuhan (lumut, Paku,, Angiospermae dan Gymnospermae) menemukan alasan pengelompokkannya
- Disajikan beberapa gambar/ciri flora siswa sanggup : Tumbuhan (lumut, Paku,, Angiospermae dan Gymnospermae) menemukan alasan pengelompokkannya menarik kesimpulan ihwal klasifikasinya
- Disajikan masalah ihwal perubahan lingkungan siswa dapat: menganalisis masalah yang ditampilkan (Studi masalah ihwal lingkungan)
- Disajikan masalah ihwal perubahan lingkungan siswa dapat: menarik kesimpulan dari masalah tersebut
- Disajikan gambar organ flora Daun , siswa sanggup memilih Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan
- Disajikan gambar organ flora Akar , siswa sanggup memilih Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan
- Disajikan gambar organ flora Batang , siswa sanggup memilih Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan
- Disajikan gambar aneka macam jaringan binatang siswa sanggup menjelaskan fungsi dari jaringan yang ditunjuk
- Disajikan gambar aneka macam jaringan binatang siswa sanggup menjelaskan Hubungan antara jenis jaringan, dan fungsinya
- Disajikan gambar aneka macam jaringan binatang siswa sanggup memilih hubungan antara gambar, macam dan fungsi jaringan
- Disajikan gambar ihwal organ pencernaan pada manusia, siswa dapat: - memilih pecahan yang ditunjuk dengan fungsinya
- Disajikan gambar ihwal organ peredaran darah pada manusia, siswa dapat: - memilih pecahan yang ditunjuk dengan fungsinya
- Disajikan gambar ihwal organ Indera pada manusia, siswa dapat: - memilih pecahan yang ditunjuk dengan fungsinya
- Disajikan gambar ihwal organ Reproduksi pada manusia, siswa dapat: - memilih pecahan yang ditunjuk dengan fungsinya
- Disajikan ciri-ciri/gejala suatu penyakit siswa sanggup memilih jenis penyakit pada sistem pencaernaan
- Disajikan ciri-ciri/gejala suatu penyakit siswa sanggup memilih jenis penyakit pada sistem pernafasan
- Disajikan gambar organ badan sistem ekskresi pecahan yang ditunjuk hewan/manusia siswa sanggup memilih proses yg terjadi
- Disajikan gambar organ badan sistem peredaran darah pecahan yang ditunjuk hewan/manusia siswa sanggup memilih proses yg terjadi
- Disajikan gambar organ badan sistem pernafasan pecahan yang ditunjuk hewan/manusia siswa sanggup memilih proses yg terjadi
- Disajikan gambar organ badan sistem gerak pecahan yang ditunjuk hewan/manusia siswa sanggup memilih proses yg terjadi
- Disajikan gambar organ badan sistem reproduksi pecahan yang ditunjuk hewan/manusia siswa sanggup memilih proses yg terjadi
- Disajikan ciri atau tanda-tanda suatu penyakit pada sistem ekskresi siswa sanggup memilih gangguan pada organnya
- Disajikan ciri atau tanda-tanda suatu penyakit pada sistem pernafasan siswa sanggup memilih gangguan pada organnya
- Disajikan data hasil laboratorium, siswa sanggup menarik kesimpulan dari data sistem ekskresi
- Disajikan data hasil laboratorium, siswa sanggup menarik kesimpulan dari data sistem sirkulasi darah
- Disajikan data hasil Faktor-faktor yang menghipnotis pertumbuhan pada tumbuhan percoban/grafik siswa dpt: Menarik kesimpulan
- Disajikan data hasil Faktor-faktor yang menghipnotis pertumbuhan pada tumbuhan percoban/grafik siswa dpt Menginterpretasikan
- Struktur dan fungsi Organel Sel
- Disajikan gambar sel, siswa sanggup : memilih organel sel yang ditunjuk
- Disajikan gambar sel, siswa sanggup : menjelaskan proses/fungsi yang terjadi pada organel-nya
- Disajikan gambar Struktur Membran sel, siswa sanggup : menjelaskan proses/fungsi yang terjadi pada organel-nya
- Siswa sanggup :Menentukan rantai nukleotida
- Siswa sanggup Menyebutkan perbedaan antara DNA dan RNA
- Siswa sanggup menjelaskan ihwal pengertian dan reaksi kimia metabolisme (katabolisme,anabolisme, respirasi, fotosintesis, fermentasi,)
- Siswa sanggup : menjelaskan prinsip bioteknologi
- Siswa sanggup memilih prinsip dasar bioteknologi
- Disajikan gambar ihwal transport antar membrane,siswa sanggup memilih prosesnya osmose atau difusi
- Disajikan gambar atau diagram suhu atau pH , siswa dapat: memilih cara kerja enzim
- Disajikan gambar atau diagram suhu atau pH , siswa dapat: mengemukakakan sifat enzim
- Disajikan diagram proses metabolisme Siswa sanggup : memilih bahan/atau hasil dari proses yang ditunjukkan
- Disajikan gambar, siswa sanggup memilih fase pembelahannya
- Siswa sanggup memilih tahap dalam sintesa protein menurut gambar/
- Siswa sanggup meramalkan imbas penggunaan produk bioeknologi
- Disajikan gambar hasil percobaan osmosa/difusi, siswa sanggup menarik kesimpulan dari insiden yang ditampilkan
- Disajikan gambar denah kerja enzim siswa sanggup memilih Mekanisme kerja enzim dengan tepat
- Perangkat percobaan Fotosintesis, fermentasi Disajikan data percobaan kinerja enzim, siswa sanggup menarik kesimpulan
- Disajikan gambar/diagram Glikolisis siswa sanggup menginterpretasikan gambar yang disediakan
- Disajikan gambar/diagram Daur Krebs siswa sanggup menginterpretasikan gambar yang disediakan
- Disajikan gambar/diagram Sistem Transport elektron siswa sanggup menginterpretasikan gambar yang disediakan
- Disajikan perangkat percobaan fotosintesis siswa sanggup menarik kesimpulannya
- Disajikan percobaan fermentasi, siswa sanggup menarik kesimpulan hasil percobaannya
- Disajikan gambar proses bioteknologi modern/rekayasa genetika siswa sanggup : menemukan pecahan yang ditunjuk
- Disajikan gambar proses bioteknologi modern/rekayasa genetika siswa sanggup : menganalisis insiden yang ditunjuk
- Disajikan genotif individu siswa sanggup Membuat/menghitung gamet
- Disajikan genotif individu sSiswa sanggup memilih jumlah gamet yang terbentuk
- Disajikan kasus, siswa sanggup menuntaskan persilangannya
- Disajikan gambar, siswa sanggup memilih jenis mutasinya
- Disajikan ciri2 kelainan lantaran mutasi/aberasi siswa sanggup memilih jenis sindromnya
- Siswa sanggup menjelaskan perbedaan 2 teori evolusi
- Menghitung hasil persilangan , monohybrid, dihibrid
- Disajikan kasus, siswa sanggup : menuntaskan persilangannya monoploid / Diploid dengan Menghitung keturunannya
- Disajikan data pesilangan penyimpangan semu aturan mendel, siswa sanggup menghitung kemungkinan hasil persilangan
- Disajikan data perkawinan penyakit menurun terpaut kromosom seks x buta warna / Hemophilia , siswa sanggup menghitung prosentase hasil keturunannya
- Evolusi Disajikan gambar, siswa sanggup memilih bukti-bukti evolusi
- Disajikan peta silsilah, siswa sanggup menemukan genotip dari individu yang ditentukan
- Siswa sanggup menganalisis frekuensi gen dan genotif memakai aturan hardy Weinberg
- Disajikan soal perhitungan masalah albino Siswa sanggup menghitung populasi karier nya dengan memakai aturan hardy Weinberg
- Siswa sanggup menarik kesimpulan ihwal spesiasi
- Siswa mengetahui jenis Isolasi yang mengakibatkan speciasi
PELAJARI DALAM APLIKASI SOAL
LATIHAN SOAL VIRUS MONERA
1. benda hidup, kecuali
(A) Mempunyai kemampuan bereproduksi
(B) Mempunyai selubung dari protein
(C) Materi genetik hanya DNA atau RNA
(D) Tanpa organel sel dan protoplasma
(E) Mampu memperbanyak diri dengan replikasi
2. Kelompok-kelompok penyakit yang disebabkan oleh virus adalah
(A) Influenza, gondongan, tifus
(B) Rabies, trakom, cacar
(C) Polio, disentri, cacar
(D) Gondongan, batuk rejan, rabies
(E) Cacar air, polio, TBC
3. Virus tidak memiliki komponen berikut
(A) Selubung protein
(B) RNA atau DNA
(C) Enzim
(D) Membran sel
(E) Kapsid
4. Secara tidak langsung, Bacteriophage merugikan insan lantaran
(A) Bersifat benalu bagi insan
(B) Memakan basil yang menguntungkan insan
(C) Memakan virus T di usus insan
(D) Membusukkan sisa masakan di usus insan
5. Virus hanya sanggup hidup ada benda hidup lantaran
(A) Tidak memiliki organel sel
(B) Mempunyai materi gentik DNA/RNA
(C) Mempunyai kapsid yang tersusun oleh protein
(D) Tidak memiliki klorofil
(E) Tidak memiliki inti
6. Padi VUTW dibuat tahan terhadap abuh wereng cokelat, lantaran wereng ini merupakan vector
(A) New Castel Deases (NCD)
(B) Tobacco Mozaik Virus (TMV)
(C) Citrus Vein Ploem Degeration (CVPD)
(D) Virus Tungro
(E) Virus T
7. Nitrosomonas termasuk basil kemoautotrof. Bakteri kemoautotrof aalah basil yang
(A) Dapat menyusun zat organik dengan pinjaman energy matahari
(B) Mangambil zat organik dari makhluk lain
(C) Dapat menciptakan zat masakan sendiri
(D) Memerlukan energy kimia untuk menyusun zat yang diperlukan
(E) Mutlak memerlukan oksigen untuk respirasi
8. Kelompok basil penyubur tanah yakni
(A) Azotobacter chroococcus, Nitrobacter dan Clostridium pasteurianun
(B) Nitrosococcus, Clostridium butiricum, dan Nitrosomonas
(C) Rhizobium radicicola, Azollae pinnata, dan Acetobacter
(D) Nitrosomonas, Nitrobacter, dan Clostridium botulinun
(E) Salmonella, Rhizobium leguminosarum dan Nitrobacter
9. Bakteri tidak sanggup membusukkan masakan yang diasinkan dengan kadar garam 10% lantaran
(A) Protein basil terkoagulasi
(B) Sel basil mengalami plasmolisis
(C) Bakteri bersifat heterotrof
(D) Sel basil prokariotik
(E) Larutan garam mengalami difusi ke dalam basil
10. Bakteri yang mengadakan simbiosis mutualisme dengan polong-polongan yakni
(A) Rhizobium leguminosarum
(B) Clostridium botulinun
(C) Clostridium tetani
(D) Nitrosomonas
(E) Azotobacter
11. Clostridium mengikuti keadaan terhadap lingkungan yang jelek dengan cara (A) Bereproduksi sebanyak-banyaknya
(B) Membuat dinding yang tebal
(C) Menghasilkan spora di luar sel vegetatif
(D) Menghasilkan spora di dalam sel vegetatif
(E) Mengeluarkan antibodi
12. Komponen yang tidak dimiliki oleh alga biru yakni (A) Karoteka
(B) Klorofil
(C) Membran sel
(D) Materi inti
(E) Fikosianin
13. Penyakit pada insan yang disebabkan oleh virus dan basil secara berurut
(A) Polio dan influenza
(B) Tetanus dan disentri
(C) Pneumonia dan AIDS
(D) Gondongan dan antraks
(E) Trakhom dan sifilis
14. Materi genetik virus dibuat di dalam badan virus itu sendiri
SEBAB
Virus memiliki RNA dan DNA
15. Endospora pada bekteri berfungsi sebagai alat reproduksi
SEBAB
Endospora basil terbentuk bila basil tidak bisa lagi membelah diri
16. Bakteri tidak memiliki materi inti yang berupa DNA
SEBAB
Membran inti tidak dimiliki oleh basil
17. Untuk mencegah kekeringan, basil memiliki dinding sel
SEBAB
Fungsi dinding sel pada basil sebagai pelindung perhiasan
18. Clostridium tetani sanggup mengakibatkan penyakit pada insan
SEBAB
Berdasarkan suhu, Clostridium tetani termasuk basil mesofil
19. Virus dan basil memiliki persamaan dalam hal
(1) Mempunyai nukleus
(2) Dapat bereproduksi
(3) Mempunyai protoplasma
(4) Mempunyai materi genetic
20. Medium yang baik untuk virus yakni
(1) Agar-agar
(2) Emrio tikus putih
(3) Air kaldu atau daging segar
(4) Embrio ayam hidup
21. Morbillivirus sanggup mengakibatkan
(1) Campak
(2) Gondongan
(3) Infeksi jalan masuk pernapasan
(4) Cacar
22. Bakteri pengikat nitrogen yang hidup
bebas yakni sebagai berikut
(1) Azotobacter chroochocum
(2) Clostridium pasteurianum
(3) Rhodospirillum rubrum
(4) Rhizobium leguminosarum
23. Komponen sel yang tidak dimiliki oleh alga biru yakni
(1) Bahan inti
(2) Kloroplas
(3) Klorofil
(4) Karioteka
24. Anaeba merupakan alga yang menguntungkan di bidang pertanian bila
bersimbiosis dengan
(1) Cycas rumphii
(2) Nostoc commune
(3) Azolla pinnata
(4) Navicula sp.
25. Penyebab Cyanophyta berwarna hijau biru antara lain
(1) Inti sel tidak bermembran
(2) Kloroplas tersebar di sitoplasma
(3) Selubungnya berwarna
(4) Mempunyai pigmen utama fikosianin