Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2

 Jaket berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin  Tematik Kelas 3 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2


tematik Kelas 3 Tema 5 Halaman 14


Hujan deras turun semalaman. Pagi hari terasa lebih dingin. Udin, Edo, dan Beni berangkat sekolah
bersama. Edo memakai jaket ke sekolah. Jaket berguna untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
Kita memerlukan pakaian tambahan saat udara dingin. Pakaian tambahan jaket atau sweater
membuat tubuh hangat. Makanan juga dapat membuat tubuh hangat. Begitu juga minuman. Banyak makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Edo dan kawan-kawan berdiskusi dengan serunya. Mereka akan mengadakan festival makanan daerah. Setiap siswa membawa makanan dari
daerah asalnya. Kemudian, mereka memberikan penjelasan singkat tentang makanan tersebut.
Edo maju ke depan kelas untuk memimpin diskusi. Edo mendata daerah asal teman-teman di kelas. Daerah asal yang dimaksud adalah daerah asalusul orang tuamu. Yuk, kita bantu Edo.

Isilah tabel di bawah ini. Isi sesuai daerah asal teman-teman di kelasmu.
Jawaban:
(Tulis semua nama teman di kelasmu, kemudian tuliskan asal mereka)

Daerah asal teman-teman di kelas sangat beragam. Di Indonesia, asal-usul orang tua menjadi daerah asal kita. Walaupun kita lahir di daerah yang berbeda, tetapi daerah asal orang tua tetap dianggap daerah asal kita. Ini membuktikan Indonesia terdiri atas beragam daerah. Indonesia juga memiliki banyak suku bangsa. Kita mungkin berbeda daerah dan suku bangsa. Akan tetapi, kita tetaplah satu bangsa Indonesia.

Hari mulai beranjak siang. Matahari bersinar cerah. Edo membuka jaketnya. Dia mulai merasa gerah.
Keadaan cuaca dalam satu hari bisa berubahubah. Pagi hari, cuaca mendung. Siang hari, cuaca bisa menjadi panas. Sore hari, cuaca bisa berubah hujan. Tahukah kamu apa itu cuaca? Cuaca adalah
keadaan udara pada suatu tempat. Cuaca terjadi pada jangka waktu tertentu. Keadaan cuaca dapat
berubah-ubah. Kita dapat meramal keadaan cuaca. Caranya dengan mengamati unsur-unsur cuaca. Misalnya suhu, kelembaban, dan tekanan udara. Kita juga dapat mengamati curah hujan. Melihat keadaan awan dan keadaan angin. Unsur cuaca tidak sama pada semua tempat. Cuaca terjadi pada suatu tempat yang tidak luas. Terjadinya pun pada waktu tertentu. Amati keadaan di sekitarmu! Bagaimana keadaan cuacanya? Kegiatan apa yang dilakukan ketika keadaan cuaca seperti itu? Dampak apa yang kita rasakan? Bagaimana jika keadaan cuaca seperti itu berlangsung lama?

Tulislah percakapan terkait keadaan cuaca yang kamu alami saat ini.

Jawaban:
(Percakapan bisa dibuat disesuaikan dengan cuaca yang kalian alami)
 Berikut ini contoh percakapan yang bisa dibuat.

Jawaban 1
Beni: Udin, lihatlah cuaca hari ini cerah sekali!
Udin : Iya, Ben. Ayo kita bermain!
Beni: Ayo, tapi bermain apa ya?
Udin: Bagaimana kalau kita bermain bola di lapangan?
Beni dan Udin : Ayo!

Atau bisa juga percakapannya dibuat seperti berikut!

Jawaban 2
Beni: Udin, lihatlah di luar kelas hujan deras!
Udin : Iya, Ben. Kita jadi tidak bisa bermain di luar!
Beni: Benar, kita tidak bisa bermain di luar. Terus apa yang akan kita lakukan sekarang?
Udin: Bagaimana kalau kita membaca buku cerita di perpustakaan sekolah.
Beni dan Udin : Ayo!
Ceritakan hasil percakapanmu di depan kelas. Sampaikan informasi yang kamu peroleh.
Berceritalah dengan penuh percaya diri. Perhatikan volume dan intonasi suara. Pastikan suaramu terdengar ke seluruh kelas.