Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Buku Siswa Matematika Kelas 9 Latihan 4.4 Hal 254

Postingan kali ini Kami akan membagikan soal latihan 4.4 kesebangunan dua segitiga materi ini terdapat pada bab 4 tentang kesebangunan bangun datar. Materi ini ada di buku paket pelajaran matematika kelas 9 semester 2  dan terdapat pada halam 245. Saya sengaja membagikan latihan ini agar dapat membantu anda dalam mempelajari latihan-latihan soal dalam buku paket.

Tahukah kamu, pada saat teknologi mesin fotokopi, kamera ditemukan bagaimana cara manusia menduplikat, memperbesar atau memperkecil suatu gambar?

Bagaimana mengidentifikasi dua segitiga atau lebih sebangun? Bagaimana syarat yang harus dipenuhi sehingga dua segitiga atau lebih dikatakan sebangun?

Bagaimana pula cara mengukur tinggi bangunan atau pohon yang tinggi tanpa mengukurnya secara langsung?

Kami tidak menyediakan gambar di latihan-latihan soal ini, karena pasti akan terlalu padat postingan/artikel. Jadi kami hanya membahas soal dan jawaban saja, jika ingin mengetahui gambar pada soal Anda bisa membuka buku paket pelajaran matematika kelas 9 semester 2. Soal dan Jawaban yang Kami buat mungkin masih banyak kesalahan, jadi anda bisa menganalisis lebih dalam pada soal tersebut. Berikut ini Kami bagikan latihan 4.4 kesebangunan dua segitiga.

Latihan 4.4 Kesebangunan Dua Segitiga
1. Pada gambar di samping, QR//ST. Q S T P R a. Buktikan bahwa ∆QRP dan ∆TPS sebangun b. Tuliskan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
Penyelesaian:
a. mRQP = mSTP (berseberangan dalam)
mQRP = mTSP (berseberangan dalam)
mQPR = mTPS (bertolak belakang)
Jadi, ∆QRP TPS karena sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
(sebenarnya cukup hanya 2 pasang sudut yang bersesuaian sama besar
maka dua segitiga bisa dikatakan sebangun)
b. Perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian
QR RP QP = = TS SP TP

2. Perhatikan gambar berikut. a. Buktikan bahwa ∆ABC dan ∆PQR sebangun. b. Tuliskan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
Penyelesaian: a. PQ = 2 2 20 –16 400 256 = − = 12 4 1 16 4 AB PQ = = mBAC = mQPR = 90o (diketahui)
Jadi, ∆ABC PQR karena memenuhi syarat kesebangunan dua segitiga yaitu perbandingan dua pasang sisi yang bersesuaian sama dan sudut yang diapitnya sama besar.

3. Perhatikan gambar berikut. Apakah ∆KLN sebangun dengan ∆OMN? Tunjukkan.
Iya. ∆KLN OMN
Bukti:
mNKL = mNOM (siku-siku)
mKNL = mONM (berhimpit)
mKLN = mOMN (sehadap karena OM //KL)
Jadi, ∆KLN OMN karena sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
(sebenarnya cukup hanya 2 pasang sudut yang bersesuaian sama besar maka
dua segitiga bisa dikatakan sebangun)

4. Pada ∆ABC dan ∆PQR diketahui mA = 105o , mB = 45o , mP = 45o , dan mQ = 105o . a. Apakah kedua segitiga tersebut sebangun? Jelaskan. b. Tulislah pasangan sisi yang mempunyai perbandingan yang sama.
Penyelesaian: a. (Silakan digambar) Iya, kedua segitiga tersebut sebangun karena dua pasang sudut yang bersesuaian sama besar, yaitu mA = mQ = 105o dan mB = mP = 45o .
b. AB dengan QP , BC dengan PR , dan AC dengan QR .

5. Perhatikan gambar.
Diketahui mABC = 90o , siku-siku di B. a. Tunjukkan bahwa ADB dan ABC sebangun. b. Tunjukkan bahwa BDC dan ABC sebangun.
Penyelesaian:
a. mBAD = mCAB (berhimpit)
mBDA = mCBA = 90o (diketahui siku-siku)
Dua pasang sudut yang bersesuaian sama besar, maka ∆ADB ABC.
b. mBCD = mACB (berhimpit)
mCDB = mCBA = 90o (diketahui siku-siku)
Dua pasang sudut yang bersesuaian sama besar, maka ∆BDC ABC.

6. Perhatikan gambar.
a. Tunjukkan bahwa ∆FCE ACB.
b. Tunjukkan bahwa ∆FCE DEB.
c. Tunjukkan bahwa ∆ACB DEB.
d. Tentukan panjang FE dan AF
Petunjuk:
a. s/d c. Carilah sudut-sudut yang bersesuaian dan sama besar. Gunakan sifat sudut-sudut yang dibentuk oleh garis sejajar yang dipotong oleh garis lain.
d. FE = 6 cm, AF = 8 cm.

7. Perhatikan gambar
a. Hitunglah panjang EB b. Hitunglah panjang CE
Penyelesaian: a. EB = 2,4 cm b. CE = 8 cm.

8. Perhatikan gambar. Hitunglah panjang MN pada gambar di bawah ini.
Penyelesaian: MN = 17 cm.

9. Tentukan: a. Pasangan segitiga yang sebangun. b. Pasangan sudut yang sama besar dari masingmasing pasangan segitiga yang sebangun tersebut. c. Pasangan sisi bersesuaian dari masing-masing pasangan segitiga yang sebangun tersebut. d. Panjang sisi BA, BC, dan BD.
Penyelesaian: a. ∆ABC BDC, ABC ADB, ADB BDC.
b. ∆ABC BDC
 mABC = mBDC, mBAC = mDBC, dan mACB = mBCD
∆ABC ADB
 mABC = mADB, mBAC = mDAB, dan mACB = mABD
∆ADB BDC
 mADB = mBDC, mDAB = mDBC, dan mABD = mBCD
c. ∆ABC BDC
 AB → BD , BC → DC , dan CA → CB
∆ABC ADB
 AB → AD , BC → DB , dan CA → BA
∆ADB BDC
 AD → BD , DB → DC , dan BA → CB
d. BA = 40 cm, BC = 30 cm, dan BD = 24 cm

10. Perhatikan gambar. Diketahui PR = 15 cm dan QU = 2 3 UP. Tentukan panjang TS. Penyelesaian: TS = 9 cm
Petunjuk: tentukan dulu panjang UT dengan menggunakan kesebangunan ∆QUT QPR, diperoleh UT = 6 cm. US = PR = 15 cm, TS = US UT = 15 cm 6 cm = 9 cm

11. Perhatikan gambar. Diketahui KL = 10 cm dan MN = 14 cm. P dan Q berturut-turut adalah titik tengah LN dan KM. Tentukan panjang PQ. Penyelesaian: PQ = 2 cm.

12. Perhatikan gambar.  Segitiga ABC adalah segitiga siku-siku sama kaki. Jika AB = 10 cm dan CD garis bagi sudut C, Tentukan panjang BD. Penyelesaian: BD = ED = EA = 10 2 – 10 = 10( 2 – 1) cm Petunjuk: ∆ABC siku-siku sama kaki (mABC = 90o ), maka BC = AB = 10 cm, mBCA = mBAC = 45o , dan AC = 10 2 cm. CBD CED karena DC = DC (berhimpit), mBCD = mECD (diketahui), dan mDBC = mDEC = 90o . Akibatnya BC = EC = 10 cm dan BD = ED. Perhatikan DAE, mDAE = mBAC = 45o (berhimpit), maka mADE = 45o . Berarti DAE adalah segitiga siku-siku sama kaki. Sehingga, ED = AE = AC EC = 10 2 10 = 10( 2 1) cm.
13. Memperkirakan Tinggi Rumah Pada suatu sore, sebuah rumah dan pohon yang bersebelahan memiliki panjang bayangan berturut-turut 10 m dan 4 m. Jika tenyata tinggi pohon sebenarnya adalah 10 m, tentukan tinggi rumah tersebut sebenarnya. Penyelesaian: tinggi rumah sebenarnya adalah 25 m

14. Memperkirakan Tinggi Pohon Untuk menentukan tinggi sebuah pohon, Ahmad menempatkan cermin di atas tanah (di titik E) seperti gambar di bawah ini. Dari titik E Ahmad berjalan mundur (ke titik D), sedemikian hingga dia dapat melihat ujung pohon pada cermin. Teman Ahmad mengukur panjang BE = 18 m, ED = 2,1 m dan ketika berdiri jarak mata Ahmad ke tanah (CD) adalah 1,4 m. Perkirakan tinggi pohon tersebut. Penyelesaian: tinggi pohon kira-kira 12 m.

15. Memperkirakan Tinggi Bukit Dua mahasisiwa Teknik Sipil Agung dan Ali ingin memperkirakan tinggi suatu bukit terhadap posisinya berdiri yang tidak jauh dari bukit itu. Mereka menggunakan bantuan peralatan laser yang dipasang pada sebuah tongkat penyangga setinggi 3 m dari permukaan tanah. Agung mengamati puncak bukit melalui alat tersebut dan diperoleh garis pandang ke puncak bukit adalah 1.540 m. Ali berbaring di tanah memandang ke arah ujung peralatan tersebut dan puncak bukit sehingga tampak sebagai garis lurus. Posisi mata Ali berjarak 4 m dari tongkat penyangga. Perkirakan tinggi bukit tersebut Penyelesaian: tinggi bukit kira-kira 927 m.

16. Analisis Kesalahan Gambar (a) menunjukkan persegi dengan panjang sisi 8 satuan. Persegi itu dibagi menjadi 4 bagian yaitu dua segitiga (P dan Q), serta dua trapesium (R dan S). Gambar (b) menunjukkan persegi panjang berukuran 5 satuan × 13 satuan. Persegi itu dibagi menjadi 4 bagian yaitu dua segitiga (P’ dan Q’), serta dua trapesium (R’ dan S’). Apakah 8 × 8 = 5 × 13? Jika tidak, bagaimana kamu menjelaskan hal ini? Di mana letak kesalahannya?
Petunjuk: Gambar ulang dengan teliti, akan ditemukan bahwa P P, Q Q, R R, dan S S’. (Selidikilah kemiringan garis yang ditunjuk di atas)

17. Analisis Kesalahan Perhatikan gambar di bawah ini! 















Jelaskan, di manakah letak kesalahannya?
Jelaskan dari manakah lubang satu kotak ini berasal? Petunjuk: Gambar ulang dengan teliti, akan ditemukan bahwa gambar (i) dan (ii) tidak kongruen. (Selidikilah kemiringan garis yang ditunjuk di atas)

Demikian sejumlah gambaran soal dan jawaban latihan 4.4 kesebangunan bangun segitiga. Dalam soal ini mungkin saya tidak menyediakan gambar dan jawaban kurang tepat jadi mohon maaf bila masih ada kesalahan. Anda bisa memberi kritik/saran yang membangun agar blog ini dapat terus memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.