Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Sejarah Kelas 10 Pg Beserta Jawabannya (Bagian 9)


Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Besar kemungkinan anda untuk mendapat nilai yang cantik jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak mencar ilmu latihan soal-soal ini.

Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 8)

Soal-Soal PG ini sanggup anda jadikan rujukan dalam menghadapi soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.

Berikut dibawah ini yakni Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta Jawabannya (Bagian 9), dimulai dari soal nomor 81 hingga dengan soal nomor 90.

81. Pengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah menurut ciri-ciri tertentu untuk menghindari anakronisme sejarah disebut....
A. Periodisasi
B. Kronologi
C. Sinkronik
D. Empiris
E. Kronik
Jawabannya: B. Kronologi

82. Perhatikan data-data berikut
1) Masa Pergerakan Nasional
2) Abad Pertengahan
3) Masa Pendudukan Jepang
4) Renaisans
5) Masa reformasi
Periodisasi sejarah Eroopa ditunjukkan nomor....
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 5)
E. 4) dan 5)
Jawabannya: C. 2) dan 4)

83. Jika mempelajari insiden sejarah secara menyeluruh, mencakup waktu yang panjang, tetapi terbatas dalam ruang, Anda memakai konsep berpikir...
A. Kronik
B. Sinkronik
C. Diakronik
D. Kronologi
E. Anakronisme
Jawabannya: C. Diakronik

84. Konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan...
A. Biaya penelitian yang besar
B. Perbandingan dengan ilmu sosial
C. Teori dan konsep ilmu-ilmu sosial
D. Waktu yang usang untuk menciptakan analisisnya
E. Sumber orisinil hasil wawancara dengan pelaku sejarah
Jawabannya: B. Perbandingan dengan ilmu sosial

85. Perbedaan ilmu sejarah dengan ilmu sosial yakni ilmu sejarah...
A. Unsur subjektifitasnya tinggi, sedangkan ilmu sosial sangat objektif alasannya mengkaji insiden kotemporer
B. Ditulis dengan gaya bahasa yang cenderung kaku, sedangkan ilmu sosial lebih gampang dimengerti
C. Memiliki generalisasi menurut fakta, sedangkan ilmu sosial generalisasinya berupa asumsi
D. Memanjang dalam waktu, sedangkan ilmu sosial melebar dalam ruang
E. Disusun secara tematis, sedangkan ilmu sosial secara kronologis
Jawabannya: A. Unsur subjektifitasnya tinggi, sedangkan ilmu sosial sangat objektif alasannya mengkaji insiden kotemporer

86. Bacalah informasi berikut dengan seksama.
Teori dan konsep ilmu sosial sanggup dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis insiden sejarah. Hal tersebut sanggup menciptakan sejarawan menganalisis insiden sejarah secara mendalam.
Hal tersebut merupakan konsep sejarah, yaitu....
A. Kronik
B. Sinkronik
C. Diakronik
D. Monokronik
E. Anakronisme
Jawabannya: B. Sinkronik

87. Perbedaan utama antara kronologi dan kronik adalah...
A. Kronologi menunjukkan urutan waktu, sedangkan kronik menunjukkan catatan peritiwa
B. Kronologi hanya melihat insiden politik saja, sedangkan kronik melihat insiden sosial-ekonomi
C. Kronologi menunjukkan urutan insiden yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa terang hubungannya
D. Kronologi yakni pembagian zaman, pengelompokkan insiden sejarah menurut ciri khasnya, sedangkan kronik yakni urutan insiden sejarah sesuai waktu terjadinya
E. Kronologi bertujuan membagi insiden sejarah dalam beberapa bidang kajian, sedangkan kronik yakni urutan dinasi-dinasti pemerintahan di Tiongkok
Jawabannya: C. Kronologi menunjukkan urutan insiden yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa terang hubungannya

88. Tujuan berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah adalah...
A. Melihat perubahan dan perkembangan suatu insiden sejarah secara struktural
B. Mempermudah mengkaji insiden sejarah dikarenakan telah sesuai urutan waktu
C. Tidak terjadi tumpang tindih atau bertumpukan antarperistiwa sejarah
D. Mempemudah penerapan konsep periodisasi dan kronolosi
E. Mempelajari insiden sejarah sesuai waktu terjadinya
Jawabannya: A. Melihat perubahan dan perkembangan suatu insiden sejarah secara struktural

89. Kronologi sangat penting dalam merekonstruksi insiden masa kemudian dan menghindari terjadinya anakronisme. Definisi anakronisme dalam sejarah adalah....
A. Kerancuan dalam urutan insiden sejarah
B. Pembabakan insiden sejarah tanpa dasar yang jelas
C. Terjadinya missing link dalam urutan insiden sejarah
D. Terdapatnya dua insiden sejarah dalam versi yang berbeda
E. Hilanngnya satu atau dua insiden sejarah dalam suatu kronologi
Jawabannya: E. Hilanngnya satu atau dua insiden sejarah dalam suatu kronologi

90. Perhatikan rangkaian insiden berikut.
1) Pada tahun 1511, Alfonso de Albuquerque berhasil menguasai kota pelabuhan Malaka.
2) Pada tahun 1521, Sebastian de Cano (Spanyol) berlayar bersama Ferdinand Magellan. Setelah Ferdinand meninggal, ia melanjutkan perjalanan pulang ke Spanyol melewati Tidore, Maluku, Timor, dan menyeberangi Samudra Hindia
3) Pada tahun 1579, Sir Francis Drake berlabuh di Kerajaan Ternate dan dijamu oleh Sultan Ternate, Baabullah
4) Pada tahun 1596, Cornelis de Houtman datang di Banten pada 1596, dengan memakai empat kapal
5) Pada tahun 1602, James Lancester (EIC-Inggris) melaksanakan pelayaran ke Indonesia kapalnya datang di Aceh
6) Pada tahun 1770, James Cook, pelaut populer Inggris sesudah melaksanakan pelayaran Australia, singgah di Batavia alasannya kapalnya mengalami kerusakan.
Rangkaian insiden tersebut merupakan salah satu pola dari....
A. Tambo
B. Kronik
C. Babad
D. Kronologi
E. Periodisasi
Jawabannya: E. Periodisasi

Lanjut ke soal nomor 91 - 100 = Contoh Soal Sejarah Kelasa 10 PG (Bagian 10)


Sumber http://kerjaintugasnya.blogspot.com/